Terlalu banyak rencana, baik atau buruk?

Terlalu banyak rencana, baik atau buruk?

Terlalu banyak rencana Selamat pagi Indonesiaku tercinta!  Pagi ini saya sedang tidak punya ide menulis untuk blog kecil ini. Namun karena sudah punya target jumlah pengunjung sampai akhir tahun 2015, maka mau tidak mau saya harus berusaha untuk posting tiap hari agar dapat meningkatkan pengunjung blog.

Karena sedang miskin ide, sahabat Banjarwangi.com jangan protes kalau topik artikel ini agak ngawur. Tapi meskipun demikian, mudah-mudahan saja ada inspirasi yang bisa sahabat petik dari artikel ngawur ini.

Sudah menjadi tabi’at manusia, punya banyak keinginan dalam hidupnya. Ingin ini, ingin itu, tidak pernah puas, ini termasuk saya. Tidak sedikit orang yang saling sikut dan saling sikat dengan sesama gara-gara diperbudak keinginan, ini tidak termasuk saya. Pantas kalau penyanyi legendaris, Iwan Fals dalam syair lagunya mengatakan “keinginan adalah sumber penderitaan”.

Karena banyaknya keinginan, maka orang akan punya banyak rencana, rencana ini, rencana itu. Sebelum rencana pertama dikerjakan, sudah muncul rencana kedua, ketiga, dan seterusnya. Sehingga tidak jarang yang rencananya gagal karena terlalu banyak.

Saya pun memiliki rencana untuk belajar menulis artikel dengan bahasa Inggris dan membuat blog niche. Tapi rencana tersebut belum bisa dilaksanakan karena artikel bahasa Indonesia juga masih sedikit dan belepotan.

terlalu banyak rencana

Terlalu banyak rencana, baik atau buruk?

Pepatah mengatakan perencanaan yang matang adalah setengah dari keberhasilan. Punya banyak rencana itu menurut saya tidak buruk, kalau rencananya realistis, dapat dijangkau dan bertujuan untuk dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.

Namun sebaliknya jangankan terlalu banyak rencana, satu rencana pun kalau tidak realistis, melambung dan hanya angan-angan percuma saja. Yang baik adalah punya rencana yang dilaksanakan, mau sedikit ataupun banyak yang penting rencananya dikerjakan.

Kesimpulan, rencana yang baik adalah rencana yang diikuti oleh perbuatan sedangkan rencana yang buruk adalah rencana yang diabaikan.

Demikianlah tulisan singkat tentang terlalu banyak rencana, semoga memberi bermanfaat. Terima kasih berkunjung dan menyimak artikel penulis blog yang terlalu banyak rencana. Salam!

Komentar

comments

Tags:

3 Comments

Leave a Reply