Terbukti, jumlah visitor blog menurun gara-gara ini

Jumlah visitor blog menurun gara-gara ini

Terbukti, jumlah visitor blog menurun gara-gara iniUnik visitor blog menurun lagi, padahal dua hari yang lalu grafiknya baru saja naik pesat. Umur blog Banjarwangi.com memang belum lama, sampai artikel ini ditulis baru berusia 50 hari. Meskipun usianya belum genap dua bulan, Alhamdulillah grafik visitornya terus naik.

Namun, belum terlalu stabil karena kemarin saya cek jumlah visitor blog menurun lagi. Saya tidak tahu pasti apa penyebabnya jumlah visitor blog bisa menurun. Tapi sebelumnya pernah melakukan beberapa perubahan sebagai berikut:

1. Mengganti deskripsi blog

Sebelum jumlah visitor blog menurun, sehari sebelumnya saya sempat mengedit dan mengganti deskripsi blog sampai beberapa kali. Tadinya bertujuan untuk mengoptimasi kata kunci (keyword), namun ternyata gonta-ganti teks deskripsi malah berdampak buruk pada jumlah visitor blog.

Berangkat dari pengalaman buruk tersebut, saya sarankan kepada sahabat Banjarwangi.com agar tidak melakukan banyak perubahan pada deskripsi blog karena bisa mengakibatkan jumlah visitor blog menurun.

Benar adanya petuah para master SEO, pikirkan matang-matang konsep blog dari awal ngeblog agar tidak melakukan perubahan di tengah jalan.

jumlah visitor blog turun

Jumlah visitor blog turun, Ilustrasi : caramaster.net

2. Menambah gadget

Penyebab kedua jumlah visitor blog menurun diakibatkan sebelumnya saya pernah melakukan penambahan text widget pada sidebar, lalu sehari kemudian saya hapus lagi text widget itu karena merusak pemandangan dan menggangu kenyamanan pengunjung.

Tidak disangka ternyata penambahan gadget juga bisa mengakibatkan dampak kurang menyenangkan, jumlah visitor blog menurun gara-gara memasang gadget tidak penting pada sidebar. Selain itu, penambahan gadget yang tidak perlu juga malah menambah berat loading blog.

Kalau bisa dan tidak terpaksa, lebih baik jangan menambah atau banyak merubah gadget baik pada sidebar, header maupun footer.

3. Menambah menu

Ini juga pernah dilakukan sebelum jumlah visitor blog menurun, saya tambahkan menu pada footer menu. Dengan menambahkan menu baru, kemungkinan struktur blog di mata mesin pencari berubah sehingga mesin butuh waktu untuk mengenali perubahan pada blog.

4. Kualitas dan trend konten menurun

Banyak dari blogger senior yang sudah profesional dan berpengalaman mengatakan kalau content is the king (konten adalah raja). Artinya kualitas artikel atau postingan blog adalah modal utama untuk menarik banyak pengunjung.

Jika sebelumnya memposting konten berkualitas dan sedang trend, kemudian besoknya menulis konten sampah menjadi kemungkinan penyebab utama jumlah visitor blog menurun. Secara logika juga dapat dimengerti, karena konten berkualitas rendah dan tidak banyak dibutuhkan orang lain maka tidak akan mendatangkan visitor.

Kesimpulan

Agar jumlah visitor blog tidak menurun atau blog sepi pengunjung, lakukan optimasi SEO onpage dan buat backlink natural dengan benar sertia tidak melakukan perubahan-perubahan yang tidak penting pada template blog. Rutin update konten berkualitas dan original dengan menempatkan keyword secara tepat.

Itulah beberapa penyebab menurunnya jumlah visitor blog yang saya alami. Semoga informasi ini berguna bagi sahabat Banjarwangi.com yang jumlah visitor blognya sedang menurun. Terima kasih telah berkunjung. Jangan lupa, simak artikel berikutnya : cara meningkatkan pengunjung blog paling jitu.

Komentar

comments

5 Comments

Leave a Reply