Pengalaman pertama ikut kontes SEO

Pengalaman pertama ikut kontes SEO keyword kursus online

 

Pengalaman pertama ikut kontes SEOHalo sahabat Banjarwangi.com! Apakah anda pernah mengikuti kontes SEO? Nah, saya punya cerita pengalaman pribadi saat pertama kali ikut kontes SEO. Mau tahu? Silahkan simak!

Supaya ceritanya lebih menarik, saya akan ceritakan sedikit perjalanan dari awal ngeblog. Tapi sedikit saja, ya! Pengalaman ngeblog secara lengkap nanti akan saya tulis pada artikel lain di kesempatan yang berbeda.

Mulai tertarik ngeblog sekitar awal Februari 2015, sempat bingung karena cuma bisa membuat blog tapi tidak bisa mengatur template. Selama hampir sebulan tekun belajar otodidak dari tutorial gratis yang tersebar di internet sampai-sampai menjadi blogger lupa mandi.

Saat itu belum tahu ada banyak situs yang menyediakan materi kursus membuat website dan blog gratis. Akhirnya saya buat website (bukan Banjarwangi.com) di web developer. Bahkan saya sempat berfikir akan menggunakan jasa pembuatan blog, tapi mengurungkan niat karena tidak punya uang. He.

Saya belajar cukup lambat, karena belajar online tanpa bimbingan langsung dari instruktur. Tetapi keterbatasan kemampuan tidak membuat saya putus asa, terus belajar dan belajar mengutak-atik blog dan belajar membuat website gratis. Silahkan simak pengalaman saya belajar membuat website gratis di Idhostinger.

Lama kelamaan jadi bosan utak-atik template, cukup sekedar bisa modifikasi saja. Al hasil, saya buat blog ternyata sudah banyak. Ada 13 blog yang saya buat. Tetapi hanya 1 yang perkembangannya lumayan bagus. Sedangkan sisanya sepi pengunjung, bahkan hampir tidak ada sama sekali hingga akhirnya saya tinggalkan.

Setelah ditelusuri mengapa blog yang satu itu selalu ada pengunjungnya, padahal artikelnya cuma ada 6 buah. Ternyata artikelnya muncul di halaman pertama Google sehingga mendatangkan banyak trafik ke blog.

Sejak itu saya mulai tertarik untuk mempelajari cara menempatkan blog di halaman pertama Google agar mendatangkan banyak pengunjung. Waktu itu belum tahu, kalau cara tersebut dinamakan teknik optimasi SEO.

Satu persatu materi teknik optimasi SEO onpage saya pelajari, sampai-sampai kepala pusing karena sulit memahaminya. Tetapi Alhamdulillah, akhirnya saya menemukan kunci SEO, yaitu menempatkan keyword pada artikel.

Setelah belajar cara membuat website dan belajar SEO secara online, tanggal 17 April saya putuskan untuk order domain banjarwangi.com dan hosting di Qwords.com. Silahkan simak detik-detik peluncuran Banjarwangi.com.

Pengalaman pertama ikut Kontes SEO

Pertama kali membuat artikel untuk kontes SEO yaitu artikel saya berjudul “Berbagi bahagia bersama TabloidNova.com”. Tetapi artikel tersebut dibuat dan dipublikasikan di blog ini, bukan untuk ikut kontes beneran. Saya hanya ikut-ikutan menulis dengan judul dan keyword yang digunakan peserta kontes SEO Tabloid Nova untuk mengukur kemampuan pribadi.

Ketatnya persaingan kata kunci kontes SEO memang luas biasa. Artikel tersebut sempat berada di halaman pertama google, namun beberapa hari kemudian artikel hilang di SERP.

Penglaman pertama ikut kontes SEO beneran baru kemarin, saya daftarkan artikel dengan judul “Kursus online bersertifikat di Indonesia”. Kontes SEO tersebut diadakan oleh SekolahPINTAR.com dengan hadiah jutaan rupiah.

Saat dipublikasikan, artikel kursus online bersertifikat di Indonesia berada di posisi ke 7 halaman pertama Google, senangnya bukan main. Selang 11 jam kemudian, saya coba bersihkan history dan cookies GOOGLE.CO.ID pada web browser saya. Saya kaget, karena artikel Kursus online bersertifikat di Indonesia – Banjarwangi.com muncul pada posisi teratas.

ikut kontes seo kursus online

Alasannya mungkin artikel kursus online punya saya lebih panjang dibandingkan dengan artikel kursus online blog lain. Dan sesaat sebelum postingan ini dipublikasikan, saya cek posisi “Kursus online bersertifikat di Indonesia – Banjarwangi.com” berada di peringkat ke-2.

Saya tidak tahu posisi ke depannya akan di peringkat berapa, mudah-mudahan saja tetap baik atau setidaknya tidak keluar dari halaman pertama Google.

Kenapa saya tertarik ikut kontes SEO?

Tujuan saya ikut kontes SEO “Kursus Onlinetersebut bukan mengejar hadiah semata. Bukan tidak butuh uang. Tetapi jujur saja, saya mengikuti kontes SEO pertama kali ini benar-benar untuk menguji kemampuan, sampai sejauh mana kemampuan SEO yang saya miliki agar ke depan saya bisa membuat artikel yang lebih baik, original dan menarik serta bermanfaat bagi pembaca.

Saya tertarik ikut kontes SEO kursus online dari Sekolah Pintar karena kontes SEO ini temanya tentang pendidikan (belajar) dan tidak mensyaratkan untuk memasang banner di sidebar. Panitia membolehkan memasang banner kontes di halaman postingan.

Mudah-mudahan kontes SEO pertama kali ini tidak berdampak buruk bagi kelangsungan blog Banjarwangi.com. Dan saya belum yakin untuk mengikuti kontes-kontes di masa yang akan datang. Boleh jadi ini yang pertama, bisa juga kontes pertama sekaligus terakhir di blog Banjarwangi.com.

Ke depan mungkin saya akan membuat blog khusus untuk kontes SEO. Agar tidak mengganggu kenyamanan pembaca Banjarwangi.com.

Prestasi saya dalam kontes SEO

Pada pemaparan di atas sudah dijelaskan bahwa saya baru pertama kali ikut kontes SEO. Masa kontes SEO “Kursus online bersertifikat di Indonesia” masih lama, hingga 31 September 2015. Tersisa waktu 4 bulan lagi dari sekarang. Belum ada prestasi yang bisa dishare.

Pelajaran dari Kontes SEO

Sebagian besar master blogger mengatakan kontes SEO akan berdampak buruk bagi kelangsungan blog di mata mesin telusur. Hal tersebut saya pahami karena akan peserta dimungkinkan akan membuat backlink yang membabi buta.

Atau bisa saja, pesaing membuat ribuan backlink sekaligus ke blog kita dengan tujuan blog kita turun di SERP. Hal seperti ini bisa dikatakan tindakan curang, tidak bermoral dan akan mendapat balasan kelak di hari pembalasan.

Pelajaran yang bisa saya peroleh dari keikutsertaan dalam kontes SEO, yaitu:

  • Membuat artikel beda dengan semaksimal mungkin
  • Tidak asal-asalan menulis dengan mengumpulkan data secara akurat dari sumber yang benar
  • Mengetahui kelemahan blog sendiri
  • Rajin blogwalking
  • Menambah ilmu (tentang SEO) karena terus mencari cara
  • Tambah semangat ngeblog, tapi tidak sampai jadi blogger lupa mandi

Itulah pengalaman pertama saya ikut Kontes SEO keyword kursus online bersertifikat di Indonesia. semoga dari cerita di atas ada hal bermanfaat yang bisa anda petik. Terima kasih telah berkungjung.

Pengalaman pertama ikut kontes SEO

Komentar

comments

One Response

Leave a Reply