Mungkinkah mengembangkan bisnis hanya dengan modal kepercayaan?

Bisnis modal kepercayaan

Mungkinkah mengembangkan bisnis hanya dengan modal kepercayaan?

Pertanyaan itu sering dilontarkan oleh orang yang punya rencana memulai usaha tetapi kesulitan modal dalam bentuk uang. Nada pertanyaannya seperti tidak yakin kalau bisnis bisa berjalan tanpa uang.

Kalau menurut saya, sebetulnya tidak bisa itu karena persepsi kita sendiri tanpa dibarengi dengan ikhtiar. Saya yakin pasti bisa! Buktinya sahabat saya bisa sukses mengerjakan puluhan proyeknya tanpa uang, dengan kata lain dia hanya menggunakan modal kepercayaan.

modal kepercayaan dalam bisnis

Modal kepercayaan, gambar : taniby.com

Serius?

Ya! Pada prinsipnya semua orang pasti nyari duit. Kalau anda punya potensi untuk menghasilkan uang bagi orang lain, anda akan dicari.

Kalau begitu, bagaimana memulai bisnis tanpa uang?

Kalau anda punya ide brilian atau punya pekerjaan yang menguntungkan tetapi tidak punya uang untuk menjalankannya coba tawarkan ide atau pekerjaan tersebut kepada relasi yang punya uang. Tawarkan kerjasama yang baik dan saling menguntungkan.

Semudah itukah mereka percaya?

Relatif, tergantung reputasi anda dan prosfek gagasan bisnis yang anda tawarkan. Artinya integritas dan rekam jejak anda menjadi jaminan untuk mendapat kepercayaan dari pemilik modal. Mereka tidak mau uangnya hilang begitu saja.

Bagaimana cara meyakinkan pemilik modal agar mereka percaya?

Harusnya ini sudah difikirkan sejak dulu. Peribahasa mengatakan “kerbau dipegang talinya, manusia dipegang janjinya”. Kepercayaan adalah amanat, harus dijaga dengan baik. Orang yang jujur dan janjinya bisa dipegang tidak akan sulit mendapat kepercayaan orang lain. Bangun kepercayaan dengan kejujuran.

Bagaimana kalau mereka tidak mau percaya?

Mendapat kepercayaan memang butuh waktu, sementara ini anda bisa menawarkan gagasan untuk dia jalankan. Sambil anda ikut terlibat pada titik sentral tetapi tidak berhubungan dengan pengelolaan keuangan. Tunjukan bahwa anda orang yang punya dedikasi, bertanggung jawab, jujur dan dapat dipercaya. Upayakan partner bisnis anda mendapat keuntungan maksimal dari gagasan anda. Dan selanjutnya kenyataan akan terbalik, dia yang akan menawarkan modal uang untuk anda!

Pepatah mengatakan “kejujuran adalah mata uang yang paling berharga”. Orang pintar itu banyak, Tetapi yang dapat dipercaya jumlahnya sedikit dan banyak dicari. Semoga bermanfaat!

Komentar

comments

Tags:

One Response

Leave a Reply