MTs. Nurul Iman Banjarwangi, setitik cahaya di kegelapan

MTs. Nurul Iman, setitik cahaya di kegelapan

 

MTs. Nurul Iman, setitik cahaya di kegelapanPertumbuhan lembaga pendidikan swasta semakin menjamur dan tidak bisa dibendung. Program Bantuan Operasional Sekolah (BOS) yang diluncurkan pemerintah Republik Indonesia mampu mendorong semangat rakyat Indonesia untuk menimba ilmu sampai ke jenjang pendidikan tinggi.

Kehadiran sekolah swasta di daerah-daerah terpencil telah menekan angka putus sekolah (drop out). Warga desa dengan latar belakang ekonomi kurang mampu kini tidak perlu bingung menyekolahkan anak-anaknya. Mereka dapat mengenyam pendidikan setidaknya sampai tingkat SLTA, karena biaya pendidikan dari tingkat SD sampai SMA sepenuhnya ditanggung oleh Pemerintah.

Sarjana pendidikan jebolan perguruan tinggi ternama kini sudah tidak lagi hijrah ke kota. Mereka bisa berkiprah membangun desanya, menggali dan mengembangkan potensi daerahnya masing-masing. Mereka bisa memanfaatkan peluang kerja di desa, salah satunya dengan ikut mengajar di sekolah-sekolah swasta yang tidak jauh dari tempat tinggalnya.

Berbicara tentang sekolah swasta, perhatian saya tertarik kepada sebuah sekolah swasta di daerah terpencil, tepatnya di Kampung Pasirpogor Desa Banjarwangi Kecamatan Banjarwangi Kabupaten Garut. Di sana, di dekat kebun kayu berdiri bangunan sekolah yang sederhana namun cukup megah yaitu bangunan Madrasah Tsanawiyah (MTs) Nurul Iman.

Gedung MTs. Nurul Iman Banjarwangi

Gedung MTs. Nurul Iman Banjarwangi

MTs. Nurul Iman merupakan sekolah swasta di daerah terpencil yang penuh potensi. Sekolah yang berdiri pada bulan Juli 2009 ini selama dua tahun pertama numpang di bangunan Madrasah Diniyah. Namun dua tahun kemudian, sekolah tersebut mendapat hibah ruang kelas baru (RKB) dari pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Angkatan pertama peserta didik MTs. Nurul Iman hanya berjumlah 12 orang. Tetapi pada tahun 2015, muridnya sudah berjumlah 168 orang. Pencapaian prestasi yang patut dibanggakan, karena dalam waktu 6 tahun MTs. Nurul Iman berhasil memberikan pelayanan pendidikan yang baik serta dapat menarik simpati masyarakat sekitar.

Upacara senin pagi MTs. Nurul Iman menumbuhkan patriotisme

Upacara senin pagi MTs. Nurul Iman menumbuhkan patriotisme

Pemilihan Ketua OSIS MTs. Nurul Iman

Pemilihan Ketua OSIS MTs. Nurul Iman

Dari tahun ke tahun, MTs. Nurul Iman Banjarwangi terus melakukan pembenahan, baik dari peningkatan mutu tenaga pendidik, pelayanan pendidikan maupun sarana pembelajaran. Sekolah ini merekrut sarjana-sarjana pendidikan berprestasi lulusan perguruan tinggi negeri maupun swasta, sehingga angka pengangguran terdidik dapat diminimalisir.

MTs. Nurul Iman selalu ikut berpartisipasi dalam kegiatan, lomba-lomba pelajar tingkat Kecamatan dan menyabet beberapa gelar juara. Guru-guru MTs. Nurul Iman yang hobi berpetualang di alam bebas, telah mencetak peserta didiknya menjadi pelajar berprestasi yang tangguh dan berkarakter melalui kegiatan pengembangan diri dan ekstrakurikuler.

Pementasan Drum Band MTs. Nurul Iman

Pementasan Drum Band MTs. Nurul Iman

Kegiatan olah raga MTs. Nurul Iman

Kegiatan olah raga

Kehadiran MTs. Nurul Iman ibarat oase di padang pasir karena sebelumnya lulusan SD di sekitar sekolah tersebut jarang melanjutkan sekolah dengan alasan jarak ke sekolah sangat jauh dan tidak tersedia angkutan umum. Namun sekarang, MTs. Nurul Iman telah menumbuhkan harapan baru bagi anak-anak desa.

Komentar

comments

Tags:

Leave a Reply