Suara terompet dari langit, apakah itu sangkakala Malaikat Israfil?

Suara terompet dari langit, apakah itu sangkakala Malaikat Israfil?

Suara terompet dari langitKabar mengenai terdengarnya suara terompet dari langit menjadi perbincangan banyak orang termasuk di media sosial. Dalam media sosial Twiter sejumlah akun berkicau mengenai suara aneh yang terdengar dari langit. Suara-suara tersebut terdengar dari berbagai penjuru dunia. Sejumlah akun memberikan link atau jaringan portal yang berisi rekaman suara. Fenomena alam mirip suara terompet tersebut juga mendapat berbagai tanggapan. Bahkan pengguna Twiter bernama Mita menyatakan bahwa suara terompet dari langit tersebut menandakan bahwa kiamat sudah dekat.

Sementara itu Ketua Bidang Penelitian Majelis Ulama Indonesia (MUI), Yunahar Ilyas meyakini fenomena suara terompet dari langit yang tengah ramai diperbincangkan bukanlah suara sangkakala, namun merupakan kejadian alam.

suara terompet dari langit

Ilustrasi :cnnindonesia.com

Penjelasan MUI tentang suara terompet dari langit yang diduga sangkakala

“Pada akhir zaman pas mau kiamat itu ada tiupan terompet sangkakala dua kali dari Malaikat Israfil. Tapi saya punya keyakinan itu TIDAK (bukan suara terompet sangsakala). Alasannya kenapa? Pertama, tiupan sangkakala dari Malaikat Israfil itu akan didengar di seluruh dunia karena berlaku untuk seluruh dunia. Dan begitu tiupan pertama semuanya mati, tiupan kedua semuanya hidup kembali. Ini kan gak ada yang mati nih..! Dan lagi pula sangkakala akan didahului oleh tanda-tanda kiamat lain yang besar. Saya lebih cenderung-walaupun tidak bisa menjelaskan secara sain- itu suara-suara alam.” Yunahar Ilyas kepada TV One.

Kepala Lembaga Penerangan Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Thomas Djamaludin menyangkal kemungkinan bahwa suara terompet yang sedang ramai dibicarakan berasal dari luar angkasa.

Penjelasan LAPAN tentang suara terompet dari langit 

Menurut Tomas Jamaludin suara terompet tersebut pasti berasal dari bumi karena suara hanya bisa menjalar melalui mediun udara. “Gelombang suara itu bisa menjalar kalau ada medianya, dalam hal ini mestinya mestinya udara karena itu di ruang terbuka. Sehingga dugaan bahwa suara terompet itu dari luar bumi atau dari antariksa itu tidak mungkin karena jelas di luar bumi itu atmosfernya, sudah sangat tipis atau tidak ada atmosfer. Sehingga suara terompet itu tidak mungkin berasal dari luar bumi. Kalau begitu sumbernya dari mana? Nah ini yang kemudian memang menjadi misteri. Bisa (suara terompet dari langit) itu dari suara alami tetapi juga belum diketahui apakah sebetulnya interaksi angin dengan kondisi setempat, tidak tahu apa penyebabnya, jadi itu mungkin saja. Atau kemungkinan lain adalah dari perangkat-perangkat dari buatan manusia juga, apakah itu perangkat penelitian, atau mungkin dari industri atau dari aktifitas manusia yang lain, barangkali saja”

Sumber : rekaman berita TV One.

Fenomena suara terompet dari langit

Komentar

comments

Tags:

Leave a Reply