Cara menghitung volume batu untuk jalan telford

Cara menghitung volume batu untuk jalan telford

cara menghitung volume batu untuk jalan telford

Cara menghitung volume batu untuk jalan telford – Perbedaan jalan telford dan telasah adalah pada cara pemasangan batu. Pemasangan batu untuk telford yaitu bagian runcingnya menghadap ke atas, sedangkan telasah sebaliknya. Jenis bahan untuk pengerasan jalan telford semuanya menggunakan batu kali.

Tujuan menghitung volume batu untuk jalan terlford adalah menghitung jumlah batu yang perlu disediakan untuk menjadi lapisan utama.

Cara menghitung volume batu untuk jalan telford

Kebutuhan batu dapat dihitung dengan mudah menggunakan rumus berikut:

Jumlah batu (M3) = tebal lapisan batu x lebar perkerasan x panjang jalan x faktor loss

Tebal dan lebar jalan harus dalam satuan meter, jangan centimeter. Panjang harus dalam satuan meter, jangan kilometer. Artinya semua satuan harus dikonversi ke satuan meter.

Faktor loss adalah faktor kehilangan, besarnya disepakati 1,3 untuk batu gunung maupun batu kali. Hanya untuk jalan telford, batu harus dipecahkan agar memiliki minimal tiga bidang pecah karena batu bulat tidak saling terikat. Faktor loss disebabkan bahwa batu yang disusun rapi tidak makan tempat sebanyak batu yang masih acak-acakan. Kemudian ada sedikit batu hilang dalam proses pemecahan, terhanyut oleh air hujan atau dibawa pulang tanpa sengaja.

Contoh soal :

Jalan telford dengan lapisan batu utama 15/20 dan lebar perkerasan 3 meter akan dipasang sepanjang 3,2 kilometer. Berapakah jumlah batu yang harus dipesan?

Cara menghitung volume batu pada soal di atas adalah 0,20 meter x 3 meter x 3200 meter x 1,3 = 2.496 M3.

Demikianlah pembahasan singkat mengenai cara menghitung volume batu. Jangan lupa simak artikel menarik lainnya cara menghitung volume fondasi¸dan cara menghitung kebutuhan semen untuk rabat beton. Terima kasih telah berkunjung, semoga bermanfaat!

Cara menghitung volume batu untuk jalan telford – Sumber : Modul Pelatihan Kader Teknik PNPM MP

Komentar

comments

Tags:

Leave a Reply