Asal kata dan pengertian ngabuburit di bulan puasa

Asal kata dan pengertian ngabuburit

 

Asal kata dan pengertian ngabuburit di bulan puasa – Ramadhan sebentar lagi, mari kita sambut dengan penuh suka cita. Kuatkan tekad untuk menjalankan ibadah puasa sebulan penuh di bulan Ramadhan tahun ini beserta amalan-amalan ibadah lainnya seperti shalat tarawih, tadarus, memperbanyak sedekah lalu diakhiri dengan zakat fitrah. Di bulan puasa, khususnya di daerah Jawa Barat istilah ngabuburit sudah populer sejak dulu. Namun sudah beberapa Ramadhan, popularitasnya di Indonesia semakin meningkat karena banyak ditayangkan di televisi hingga akhirnya menjadi trend bagi muslim Indonesia.

arti ngabuburit

Ngabuburit berasal dari bahasa Sunda, asal katanya adalah ‘burit’ artinya sore. Sedangkan arti ngabuburit adalah “meakeun waktu bari nungguan burit” atau “menghabiskan waktu untuk menunggu datangnya sore” (buka puasa). Di dalam bahasa Sunda masih banyak yang memiliki struktur mirip/ sama dengan ngabuburit di antaranya ngadedekul, ngajejentul (menghabiskan waktu duduk/diam dalam waktu yang cukup lama), ngagogoreng (menghabiskan waktu untuk menjelek-jelekan), kalau disebutkan semua artikelnya kepanjangan. Imbuhan nga + suku kata pertama bu (ngabu) dalam ngabuburit dapat diartikan menyengaja, dilakukan berulang atau jangka waktu lama. Begitu juga dengan contoh-contoh lainnya, memiliki kesamaan makna.

Pengertian ngabuburit di bulan puasa adalah sengaja menghabiskan/ mengisi waktu dengan aktifitas-aktifitas menyenangkan agar bisa melupakan lapar, dahaga sambil menunggu buka puasa. Bisa juga diartikan menyibukkan diri sambil menunggu buka puasa. Waktunya dimulai setelah waktu dzuhur sampai maghrib, puncaknya yaitu dari jam 16.00 sampai adzan maghrib.

Selain ngabuburit, di Jawa Barat juga dikenal istilah ngabeubeurang, “nungguan waktu beurang / bedugartinya menunggu waktu siang atau adzan dzuhur. Awalnya ngabuburit adalah cara orang tua untuk “ngabebenjokeun” atau mengalihkan perhatian anak-anak yang sedang belajar berpuasa agar kuat menahan lapar sampai tibanya waktu maghrib. Anak-anak biasanya disuruh bermain (ngabuburit) agar lupa meminta makan atau minum.

Namun kemudian, istilah tersebut menjadi trend di kalangan muslim Indonesia. Meskipun trend di kalangan remaja, orang dewasa serta menjadi trending topic acara televisi nasional, pengertian ngabuburit tetap sama yaitu menghabiskan waktu menunggu buka puasa. Caranya saja yang berbeda. Simak juga artikel niat sahur dan buka puasa. Semoga bermanfaat!

Komentar

comments

Tags:

Leave a Reply