Tips sukses kuliah tanpa biaya dari orang tua

Tips sukses kuliah tanpa biaya

 

Kuliah tanpa biaya dari orang tua pastinya sangat membanggakan. Lulus kuliah sampai wisuda tanpa biaya dari orang tua bukan hal mustahil, banyak dari mereka yang sudah membuktikannya. Anda bisa meringankan beban orang tua selagi ada kemauan dan kesungguh-sungguhan. Silahkan baca man jadda wajada, bukan sekedar motivasi.

Kuliah tanpa biaya dari orang tua dapat melatih kemandirian dan meringankan beban orang tua. Mari kita ingat-ingat lagi pantun pepatah ini, Berakit-rakit ke hulu berenang-renang ke tepian. Bersakit-sakit dahulu bersenang-senang kemudian. Berikut ini adalah kiat sukses kuliah tanpa biaya dari orang tua.

tips kuliah tanpa biaya

1. Kuliah tanpa biaya orangtua dengan beasiswa

Tips sukses pertama kuliah tanpa biaya dari orang tua yaitu dengan mencari beasiswa. Baik beasiswa pemerintah (contoh: Bidik Misi) atau beasiswa CSR perusahaan. Beasiswa biasanya diberikan kepada siswa berprestasi. Informasi beasiswa pendidikan bisa dicari di situs-situs pemerintah atau perusahaan, silahkan coba searching di google, misalnya dengan kata kunci beasiswa 2015, info beasiswa, beasiswa prestasi,  atau beasiswa perguruan tinggi.

2. Kuliah tanpa biaya orangtua dengan bekerja freelance

Banyak mahasiswa yang berhasil lulus kuliah tanpa biaya dari orang tua. Anda bisa bekerja paruh waktu (freelance) yang tidak mengganggu aktifitas perkuliahan. Banyak perusahaan di sekitar kampus seperti bekerja di rental komputer, warnet, foto copy, jasa penerjemah, penulis, konveksi atau menjadi pengajar. Anda bisa coba melamar kerja paruh waktu di situ.

3. Kuliah tanpa biaya orang tua sambil berwirausaha

Tips sukses kuliah tanpa biaya dari orang yang terakhir adalah kuliah sambil berwirausaha. Pilihlah wirausaha yang modalnya sedikit, tidak beresiko tetapi hasilnya bisa menutupi kebutuhan biaya kuliah dan biaya hidup. Contohnya; jualan buku atau jualan oleh-oleh khas daerah. Teman sekelas saya dulu pernah melakukan ini. Dia jualan buku sampai berjualan siomay di kampus, dia berhasil lulus  kuliah tanpa biaya dari orang tua. Dan sekarang dia menjadi pengusaha sukses yang bolak-balik ke luar negeri.

Demikian artikel tips kuliah tanpa biaya dari orang tua selamat menuntut ilmu dan semoga sukses!

Komentar

comments

Tags:

Leave a Reply