Tips memilih jurusan di perguruan tinggi

Tips memilih jurusan di perguruan tinggi

Tips memilih jurusan di perguruan tinggiKelulusan Ujian Nasional tahun pelajaran 2014/2015 sudah diumumkan, sekarang saatnya adik-adik yang telah dinyatakan lulus SMA menentukan pilihan kuliah di mana, mengambil jurusan apa? Pada artikel kali ini saya akan berbagi tips memilih jurusan di perguruan tinggi.

Kuliah di perguruan tinggi negeri atau swasta menurut saya sama saja, di manapun kuliahnya yang penting belajar giat dan sungguh-sungguh pasti anda akan berhasil. Memilih jurasan yang tepat juga akan berpengaruh terhadap keberhasilan belajar, karena kalau salah memilih jurusan anda bisa berhenti di tengah jalan.

tips memilih jurusan kuliah di perguruan tinggi

Inilah tips memilih jurusan di perguruan tinggi

1. Memilih jurusan sesuai minat dan cita-cita

Hal pertama yang harus diperhatikan dalam memilih jurusan di perguruan tinggi adalah harus sesuai minat, hobi dan cita-cita anda sendiri. Anda akan tertarik mengikuti setiap mata kuliah kalau jurusan yang diambil sesuai minat dan cita-cita. Kesulitan atau kendala yang dihadapi semasa kuliah akan dihadapi dengan sabar dan riang gembira karena anda sedang menggeluti minat dan hobi.

2. Memilih jurusan sesuai bakat dan kemampuan

Memilih jurusan sesuai bakat dan kemampuan agar ketika menjalani perkuliahan, anda tidak tertinggal jauh dari mahasiswa lain. Penguasaan materi akan meningkatkan rasa percaya diri dan semangat belajar. Anda tidak akan menemukan kesulitan yang berarti dalam menyerap mata kuliah yang sesuai dengan bakat dan kemampuan.

3. Memilih jurusan sesuai prospek atau orientasi pekerjaan

Kuliah merupakan bagian dari menuntut ilmu. Hukum menuntut ilmu adalah wajib bagi setiap muslim sejak ia lahir sampai tutup usia. Apapun cita-cita anda, niatkan kuliah untuk menuntut ilmu dan menjalankan perintah Allah swt. Namun pepatah juga mengatakan, beribadahlah engkau seperti akan mati nanti sore, dan berusahalah seperti engkau akan hidup selamanya. Hubungannya dengan memilih jurusan adalah kuliahlah anda dengan sungguh-sungguh disertai niat yang lurus karena Allah swt. dan pilihlah jurusan yang punya prospek cerah agar kelak dapat pekerjaan yang layak.

4. Memilih jurusan sesuai kebutuhan dunia kerja

Memilih jurusan juga harus melihat permintaan dunia usaha. Misal, saya tinggal di kampung dan setelah selesai kuliah saya memutuskan untuk tinggal di kampung. Kurang tepat apabila saya mengambil jurusan akuntansi, teknik industri atau teknik kimia, akan lebih cocok kalau saya memilih jurusan pendidikan, kesehatan, peternakan atau pertanian. Artinya memilih jurusan yang banyak dibutuhkan tetapi persaingannya tidak terlalu ketat. Kalau anda punya perusahaan atau akan berwirausaha, maka jurusan yang berhubungan dengan ekonomi dan keuangan adalah pilihan tepat.

5. Memilih jurusan sesuai kemampuan ekonomi

Jurusan-jurusan tertentu membutuhkan biaya kuliah yang besar. Hal ini juga harus diperhitungkan, terlalu memaksakan hasilnya belum tentu baik. Orang tua anda akan bekerja mati-matian untuk biaya kuliah anda. Mending kalau selesai sampai wisuda, kalau tidak? anda akan berhenti di tengah jalan. Akhirnya yang tinggi tidak kesampaian, yang terjangkau dilewatkan.

Kesimpulan

Memilih jurusan yang tepat di perguruan tinggi sesuaikan dengan minat, bakat, kemampuan, cita-cita, prospek kerja ke depan dan kebutuhan dunia usaha tetapi semua itu harus disesuaikan dengan kemampuan keuangan dab diperhitungkan sampai selesai masa perkuliahan agar tidak berhenti di tengah jalan. Fokuslah pada tujuan anda, jangan mudah terpengaruh dengan perkataan atau bujukan orang lain. Kalau masih bingung memilih jurusan, berkonsultasilah dengan orang yang tepat dan bebas kepentingan agar saran-sarannya tidak menjerumuskan, dalam hal ini adalah orang tua dan guru. Mintalah pendapat guru dan orang tua, alangkah lebih baik jika langsung meminta petunjuk kepada yang Maha Mengetahui melalui shalat istikharah.

Itulah tips sederhana cara memilih jurusan di perguruan tinggi, semoga bermanfaat!

Komentar

comments

Tags:

Leave a Reply