Penyebab bencana dan solusinya : Edisi khutbah Jum’at

Penyebab bencana dan solusinya : Edisi khutbah Jum’at

Penyebab bencana dan solusinya– Jum’at kemarin seperti Jum’at sebelumnya saya Jum’atan di Masjid yang jaraknya tidak terlalu jauh dari rumah. Pembahasan khutbah Jum’at kemarin agak berbeda dari biasanya. Mungkin karena khotib Jum’atnya alumni pondok pesantren modern Daarul Huda Kota Banjar Jawa Barat, jadi pembahasannya juga aktual dan bersifat global. Sedangkan ustadz khotib Jum’at yang biasa, khutbahnya fokus pada pembahasan amalan ibadah dan aktifitas sehari-hari yang dihadapi jamaah. Topik masing-masing tetap bagus.

Topik khutbah Jum’at kemarin adalah penyebab bencana dan solusinya. Dalam khutbahnya khotib menjelaskan peristiwa-peristiwa bencana yang datang pada umat terdahulu, masa para nabi sebelum Nabi Muhammad saw.

penyebab bencana alam

Peristiwa dan penyebab bencana pada umat terdahulu

  1. Peristiwa dan penyebab bencana pada zaman Nabi Luth as.

Peristiwa pada zaman Nabi Luth as. Yaitu ditimpakannya batu-batu yang berasal dari tanah. Khotib menganalogikan peristiwa tersebut sebagai letusan gunung berapi. Fenomena letusan gunung berapi di negeri ini akhir-akhir ini memang banyak sekali terjadi seperti gunung Merapi, gunung Sinabung dan lain-lain. Teknologi canggih tidak dapat membendung datangnya bencana dan tidak dapat menahan letusan gunung berapi.

Penyebab bencana pada zaman Nabi Luth as. yaitu karena penyimpangan perilaku seks. Kaum Nabi Luth as. mempunyai kebiasaan seks yang buruk atau penyuka sesama jenis. Laki-laki yang menyukai dan berhubungan seks dengan sesama jenis. Allah swt. menurunkan adzab bagi mereka berupa hujan batu. Kaum Nabi Luth as. habis diluluh lantakan oleh hujan batu yang berasal dari tanah, kecuali satu rumah yang selamat yaitu rumah Nabi Luth as.

  1. Peristiwa dan penyebab bencana pada zaman Nabi Musa as.

Peristiwa bencana pada zaman Nabi Musa as. yaitu ditenggelamkannya raja Firaun beserta pasukan prajuritnya yang gagah berani di laut Merah. Penyebab bencana yang menimpa Firaun dan pasukannya akibat kedzaliman pemimpin (Firaun). Firaun tidak saja melanggar aturan Tuhan, tetapi telah mencoba membunuh utusan-Nya, yakni Nabi Musa as.

Khotib Jum’at mengakhiri khutbahnya dengan menyampaikan solusi mencegah datangnya bencana menurut Al-Qur’an. Solusi mencegah datangnya bencana adalah dengan berlari menuju Allah. Artinya bertaubat dengan taubat yang sebenar-benarnya (taubannasuha), menjalankan segala perintah-Nya dan meninggalkan perbuatan yang dilarang-Nya (taqwa).

Penyebab bencana : Edisi khutbah Jum’at – Banjarwangi.com

Komentar

comments

Tags:

Leave a Reply