Perbedaan menulis artikel di Blogspot dan WordrPress.Org (Self hosting)

Perbedaan menulis artikel di Blogspot dan WordrPress.Org (Self hosting)

 

menulis artikel di blogspot dan wordpress

Perbedaan menulis artikel di blogspot dan wordrpress.org – Perbedaan blogspot dan wordpress.org sudah jelas yaitu blogspot merupakan flatform blog gratis tanpa batas diskspace dan bandwidth, sedangkan membuat blog atau website di wordpress.org harus punya hosting (self hosting) dan domain sendiri. Yang saya maksud dalam artikel ini bukan perbedaan teknis menulis dan cara posting artikel di blogspot dan wordpress.org, tetapi lebih kepada kebebasan menulis artikel atau perasaan yang berbeda ketika menulis artikel di blogspot dan wordpress.org.

Sejak pertama kali belajar ngeblog saya membuat blog di blogspot (blogger), dan sampai sekarang Alhamdulillah blognya berjalan. Alasan pertama karena blogspot gratis, kedua banyak template gratisannya, ketiga blogspot paling populer dibandingkan flatform gratisan lainnya karena blogspot (blogger) merupakan milik search engine terbesar, si mbah google. Menulis artikel di blogspot juga bebas tidak takut kehabisan space, mau menulis artikel panjang dan banyak gambar juga tidak ada beban. Pertimbangannya kalau banyak konten multimedia takut loading blog yang berat.

Blogspot juga tidak membatasi pengunjung blog yang kita miliki, mau berapa ribu pengunjung per hari pun akan ditampungnya dan tidak akan ada pemberitahuan limit CPU atau bandwidth. Masalahnya bukan limit yang terbatas, tapi sebaliknya blog sepi pengunjung, heu. Rupanya kebebasan menulis artikel di blogspot ada batasannya, apakah itu? Kita harus mematuhi aturan yang ditetapkan oleh mereka. Kalau melanggar, resikonya blog kita akan dihapus oleh si mbah alias dibanned.

Berbeda dengan menulis artikel di blogspot, menulis artikel di wordpress.org (blog self hosting) agak hati-hati karena disk spacenya terbatas. Kalau diskspace (ruang penyimpanan data online) sudah penuh, akibatnya kita tidak bisa posting artikel atau gambar. Bandwidthnya juga dibatasi, besar kecilnya kapasitas bandwidth tergantung paket hosting yang disewa.

Kelebihan memiliki blog self hosting dan domain sendiri adalah akan terkesan lebih niat (serius) ngeblog dan terlihat lebih profesional. Apalagi kalau blog anda blog bisnis, pengunjung cenderung lebih percaya kepada blog self hosting dibanding blog gratis. Selain itu, blog self hosting juga tidak waswas terkena banned.

Demikian share sedikit pengalaman menulis artikel di blogspot dan wordpress.org (self hosting), mudah-mudahan ada manfaatnya terutama bagi pemula yang akan mulai ngeblog.

Komentar

comments

One Response

Leave a Reply