Berapa biaya minimal untuk membuat website self hosting?

Berapa biaya minimal untuk membuat website self hosting?

Berapa biaya minimal untuk memiliki sebuah website self hosting? Pertanyaan itu pernah mengisi rasa penasaran saya, mungkin juga menjadi pertanyaan banyak orang yang ingin mememiliki website self hosting dengan top level domain (TLD) seperti dotcom, dotnet, atau TLD lainnya. Karena ketidak fahaman saya tentang biaya miminal yang harus dikeluarkan untuk punya website self hosting, saya sempat meminta bantuan web developer. Saya pilih web developer yang menawarkan harga paling murah.

Karena terus-terusan belajar dan banyak bertanya (bodo alewoh), sedikit demi sedikit saya mengerti hosting, domain dan cara membuat website. Simak pengalaman membuat website gratis di Idhostinger.

Membuat website self hosting ternyata tidak sulit dan tidak perlu mengeluarkan biaya mahal. Biaya untuk membuat website hanya untuk sewa hosting dan domain serta pulsa untuk akses internet, alatnya personal computer (PC) atau laptop (notebook / netbook). Kalau akses internetnya cepat, tidak lebih dari 1 jam website self hostingnya sudah jadi.

harga pembuatan website self hosting

Biaya pembuatan website self hosting

  1. Sewa hosting

Banyak provider hosting lokal yang menawarkan harga sewa hosting murah dan berkualitas, baik server Indonesia maupun server USA. Harga yang ditawarkan mulai Rp. 1.000,- sampai ratusan ribu per bulan. Kontrak minimum sewa hosting variatif tergantung paket yang dipilih. Ada yang minimum kontrak 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, 1 tahun, 2 tahun atau 3 tahun.

Memilih besarnya disk space dan bandwidth tergantung pada kebutuhan website anda. Kalau untuk pemula dan ingin coba-coba sebaiknya pilih paket yang murah dulu, nanti kalau spacenya sudah penuh atau pengunjungnya sudah banyak bisa dilakukan upgrade ke paket yang lebih besar.

  1. Sewa domain

Harga sewa domain domain dotID, dotcom, dotnet, dotinfo dan lain-lain mulai dari Rp. 15.000,- per tahun sampai Rp. 400.000,- tergantung nama domainnya. Untuk pasaran harga sewa domain dotCOM rata-rata Rp. 100.000 – Rp. 120.000,- per tahun.

  1. Pulsa (akses internet)

Akses internet bisa menggunakan speedy, pulsa prabayar atau menggunakan jasa warnet. Kalau selesai dalam 1 jam dan pembuatan dilakukan di warnet, biaya akses internet untuk membuat website self hosting tidak akan lebih dari Rp. 5.000,-.

Kesimpulan :

Membuat website self hosting sangat murah dan mudah, biaya minimal yang dikeluarkan untuk memiliki sebuah website self hosting yaitu sewa hosting Rp. 12.000, sewa domain Rp. 100.000 dan biaya akses internet Rp. 5.000, total biaya minimal pembuatan website self hosting Rp. 117.000 per tahun. Biaya tersebut akan dikeluarkan di awal, sedangkan untuk tahun berikutnya tinggal memperpanjang kontrak sewa hosting dan domain. Provider web hosting lokal di antaranya, Masterwebnet.com, Idwebhost.com, Indowebsite.net, Qwords.com (tempat hosting Banjarwangi.com), Dracoola.com, Niagahoster.com, Idhostinger.com dan banyak pilihan lain. Silahkan pilih provider yang menawarkan harga paling murah dan layanan terbaik.

Demikian informasi yang dapat saya bagikan mengenai biaya minimal untuk pembuatan website self hosting. Semoga berguna.

Komentar

comments

Tags:

Leave a Reply