Cara merebus air dan memasak nasi tanpa panci

Cara memasak nasi tanpa panci di alam terbuka Musim kemarau telah mengakibatkan kekeringan di mana-mana. Musim kemarau juga menjadi saat yang tepat bagi para petualang, pecinta alam untuk mendaki gunung. Bulan Agustus biasanya menjadi puncak musim pendakian, mengembara di hutan belantara dan menapakkan kaki di atap-atap tertinggi Indonesia tercinta selakigus mengibarkan bendera merah putih.

Sekadar untuk berjaga-jaga kalau anda lupa membawa peralatan dan perlengkapan mendaki, tetutama alat masak. Pada artikel kali ini, saya akan berbagi cara memasak nasi tanpa panci di alam terbuka.

Cara memasak nasi tanpa panci atau tanpa alat mungkin sudah tidak asing lagi bagi seorang petualang yang sudah malang melintang. Apalagi bagi pecinta alam yang penah ikut pendidikan dasar, pasti diajarkan bagaimana cara memasak nasi tanpa panci atau hanya menggunakan alat dan bahan yang ada. Ini termasuk cara bertahan hidup di alam terbuka atau survive (survival).

Meskipun sudah banyak sahabat-sahabat petualang yang tahu cara memasak nasi tanpa panci, tapi tentunya masih ada sebagian pendaki yang penasaran dengan teknik atau cara memasak nasi tanpa panci. Anda kan tahu sendiri, semenjak diputar film 5 CM banyak remaja yang ketularan virus hiking ingin mencoba naik gunung.

cara merebus air dan memasak nasi tanpa panci

Cara memasak nasi tanpa panci

Cara memasak tanpa panci ini sebagai alternatif terakhir kalau anda tidak membawa alat masak seperti nesting, panci (kastrol) atau alat masak lain yang bisa digunakan untuk memasak nasi.

Pertama. Kalau di sekitar anda terdapat pohon bambu, maka gunakan ruas pohon bambu untuk memasak nasi. Caranya potong bambu, satu ruasnya harus tertutup agar beras dan air tidak tumpah, satu sisi lagi potong habis agar mudah memasukkan beras dan air. Sebelum beras dan air dimasukkan ke dalam ruas bambu, buat lapisan dari daun pisang agar nasinya tidak menempel saat diangkat nanti. Setelah dilapisi daun pisang, masukkan beras dan air secukupnya lalu tutup rapat ruas bambu tersebut menggunakan daun pisang agar air tidak tumpah. Siapkan api, dan simpan bambu tadi di atas api.

Kedua. Apabila di sekitar anda sulit mendapatkan pohon bambu, coba cari di ransel apakah anda membawa minuman kaleng atau tidak. Kalau kebetulan ada minuman kaleng, kaleng bekasnya bisa digunakan untuk memasak nasi tanpa panci.

Ketiga. Kalau dua cara memasak nasi tanpa panci di atas tidak juga memungkinkan, cara terakhir adalah menggunakan slayer (mitela). Kalau tidak ada mitela, gunakan kaos. Cara memasak nasi memakai mitela atau kaos yaitu bungkus beras oleh slayer / kaos lalu basahi dengan air, gali tanah sedalam 10 atau 15 cm kemudian tutup kembali tetapi jangan dipadatkan. Nyalakan api di atas bekas galian tadi sampai anda yakin beras dibawahnya sudah matang.

Cara merebus air tanpa panci

Cara merebus air tanpa panci yaitu menggunakan plastik bekas kemasan air mineral, atau kantong plastik. Agar tidak robek, bagian plastik yang tidak ada airnya jangan sampai terkena api.

Itulah cara memasak nasi tanpa panci di alam terbuka yang dapat saya share di sini. Semoga bermanfaat!

Komentar

comments

Leave a Reply