9 keistimewaan bulan Ramadhan yang ditunggu umat Islam

9 keistimewaan bulan Ramadhan

 

Bulan Ramadhan akan segera tiba, marhaban ya Ramadhan! Seperti yang telah ditulis pada artikel sebelumnya mengenai niat puasa bulan Ramadhan, penetapan awal puasa tahun ini akan jatuh pada hari Kamis tanggal 18 Juni 2015 M. Beberapa tahun ke belakang, penetapan awal bulan Ramadhan dan hari raya Idul Fitri sering terjadi perbedaan antara pemerintah dan organisasi keagamaan yang ada di Indonesia. Namun perbedaan itu bukan hal aneh, perbedaan adalah hikmah bukan untuk diperdebatkan.

Puasa Ramadhan adalah wajib bagi seluruh umat Islam di dunia. Artinya, orang yang menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan dengan ikhlas dan menjalankan amalan-amalannya, maka ia akan mendapat pahala yang berlipat ganda. Begitu sebaliknya, barang siapa yang meninggalkan ibadah puasa Ramadhan maka ia akan mendapat siksa. Ayo, kita simak apa saja keistimewaan puasa di bulan suci Ramadhan itu?

keistimewaan bulan ramadhan

Gambar : frofhariz.com

Keistimewaan ibadah dan berpuasa di bulan Ramadhan

  1. Bulan Ramadhan adalah bulan suci yang sangat istimewa karena ayat pertama Al-Qur’an dan kitab-kitab suci lainnya (zabur, tauret, injil) diturunkan pada bulan Ramadhan. Kita tahu bahwa Al-Qur’an merupakan mukzizat Nabi Muhammad saw yang universal dan berlaku sepanjang zaman. Peristiwa turunnya al-Qur’an atau Nuzulul Qur’an diperingati setiap tanggal 17 Ramadhan.
  2. Keistimewaan bulan Ramadhan adalah satu-satunya bulan yang ditulis dalam Al-Qur’an (QS al-Baqarah [2]: 185).
  3. Allah akan membuka pintu berkah, rahmat dan ampunan di bulan Ramadhan untuk kaum mislimin yang beriman dan bertaqwa.
  4. Bagi hamba yang menjalankan ibadah puasa dengan ikhlas dan mengharap ridha Allah semata, Allah telah menjanjikan syurga baginya.
  5. Bulan suci Ramadhan adalah bulan waktu malaikat Jibril datang menemui Nabi Muhammad saw dan mengajaknya bertadarus selama sebulan penuh.
  6. Bulan Ramadhan adalah bulan berbagi, kaum mislimin diwajibkan membayar zakat bagi fakir, miskin, orang yang berutang di jalan Allah dan penerima zakat lainnya. Selain zakat wajib, umat Islam sangat dianjurkan untuk memperbanyak sedekah. Hal ini akan mendatangkan kebahagiaan bagi umat yang kurang mampu.
  7. Setiap melakukan kebaikan di bulan Ramadhan pahalanya akan dilipat gandakan.
  8. Menurut berbagai sumber, puasa di bulan suci Ramadhan bagi untuk kesehatan tubuh. Selain itu, puasa di bulan Ramadhan mampu mengendalikan diri dan emosi sehingga hati akan lebih tabah.
  9. Muslim yang menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan akan mendapatkan tiga kebagaiaan. Pertama kebahagiaan saat berbuka puasa, kedua kebahagiaan saat hadirnya hari raya Idul Fitri dan ketiga kebahagiaan mendapat syurga-Nya.

Demikianlah 9 keistimewaan bulan Ramadhan yang ditunggu-tunggu oleh kaum Muslimin. Semoga bermanfaat.

Komentar

comments

Tags:

One Response

Leave a Reply