Gunung Jampang, bukit indah di Jayabakti

Gunung Jampang, bukit indah di Jayabakti

Gunung Jampang adalah nama sebuah bukit yang terletak di Desa Jayabakti Kecamatan Banjarwangi Kabupaten Garut. Ketinggian bukit gunung Jampang berada di bawah 1.000 meter di atas permukaan laut. Waktu tempuh dari ibu kota Kecamatan Banjarwangi sekitar 60 menit menggunakan kendaraan sepeda motor melewati Desa Bojong Kecamatan Banjarwangi. Gunung Jampang tidak jauh dari pinggir jalur utama jalan Desa Jayabakti yang menghubungkan ke Desa Cipangramatan dan Badega Kecamatan Cikajang. Puncak bukitnya bisa ditempuh 10 menit saja dari jalan desa.

gunung Jampang Jayabakti Banjarwangi

View pemandangan dari puncak bukit Jampang

Di puncak gunung Jampang arealnya cukup luas, bisa menampung 100 tenda. Keunikannya di sana terdapat tiga buah batu cukup besar yang menyerupai dua buah kursi dan meja. Tiga buah batu tersebut tepat berada di bawah pohon pinus.

Dari puncak gunung Jampang bisa menyaksikan pemandangan alam di sekitarnya dengan jelas. JalanĀ  desa Jayabakti dengan kontruksi rabat beton yang dibangun oleh program MP3KI pada tahun 2014 lalu terlihat melingkar sangat indah.

Di kejauhan tampak jelas gunung Lumbung dan gunung Cikurai berdiri kokoh. Kalau kebetulan camping di gunung Jampang, anda bisa menyaksikan matahari terbit yang indah dan menawan seperti di atap-atap tertinggi Garut lainnya.

Kendala yang saya temuka di gunung Jampang yaitu sumber air lumayan jauh. Untuk camping beberapa malam di sini sepertinya akan kerepotan memperoleh air. Namun kalau sekedar camping satu malam saja, gunung Jampang layak dicoba oleh pecinta alam atau remaja pecinta camping yang ingin merasakan sensasi camping di alam terbuka.

Kalau anda berkunjung ke Banjarwangi, gunung Jampang di Desa Jayabakti pantas untuk dicoba.

Komentar

comments

Leave a Reply