Manfaat mendaki gunung ternyata luar biasa

Manfaat mendaki gunung ternyata luar biasa

Manfaat mendaki gunung – Mendaki gunung, naik gunung atau hiking merupakan olahraga petualangan di alam bebas yang dilakukan dengan berjalan kaki menembus hutan belantara untuk mencapai puncak gunung, orang yang mendaki biasa disebut pendaki gunung, sedangkan aktifitas mendaki atau naik gunung disebut pendakian. Mendaki gunung bukan sekedar olahraga yang melelahkan dan menghamburkan uang. Manfaat mendaki gunung hanya dapat dirasakan oleh orang yang pernah mendaki. Kalau anda ingin merasakan manfaat mendaki gunung cobalah sesekali lakukan pendakian bersama pendaki berpengalaman.

manfaat mendaki gunung

Manfaat mendaki gunung (dokumentasi Jamparing)

Manfaat mendaki gunung

1. Manfaat mendaki gunung bagi kesehatan

1.1. Meningkatkan kesehatan jantung dan paru-paru

Manfaat mendaki gunung dapat meningkatkan dan menjaga kesehatan jantung dan paru-paru. Perjalanan mendaki sambil menahan beban carier akan memompa jantung dan paru-paru lebih berat dari biasanya. Agar tidak mendapat masalah saat mendaki gunung, lakukan persiapan olahraga seperti lari-lari kecil, push up, sit up, back up beberapa hari sebelum mulai pendakian.

1.2. Melatih daya tahan tubuh

Kondisi alam yang ekstrim, cuaca dingin di atas pegunungan dan keterbatasan bahan makanan akan melatih daya tahan tubuh. Pendaki gunung secara tidak langsung telah ‘membenturkan’ dirinya dengan keadaan di luar zona nyaman. Tidak heran kalau pendaki gunung cenderung memiliki daya tahan tubuh dan mental lebih kuat ketika menghadapi kondisi buruk dalam kehidupan sehari-hari.

1.3. Meningkatkan daya ingat

Manfaat mendaki gunung juga dapat meningkatkan daya ingat karena mendaki gunung tergolong olahraga yang menyenangkan. Orang yang mendaki biasa menemukan hal-hal baru dan bersosialisasi dengan lingkungan sekitar serta memiliki perasaan riang gembira.

2. Manfaat mendaki gunung bagi kualitas diri

2.1. Melatih sportifitas

Manfaat mendaki gunung bagi peningkatan kualitas diri adalah dapat melatih sportifitas. Tidak ada pendaki gunung yang saling serobot, saling sikut atau saling mendahului. Kemanangan bagi mereka adalah ketia semua rombongan tiba di puncak dan turun dengan selamat.

2.2. Melatih kesetiakawanan dan kepedulian

Bagi yang pernah mendaki akan tahu bagaimana sikap tolong menolong tumbuh dengan sendirinya, tanpa mengenal latar belakang ekonomi, agama dan suku bangsa. Mereka terbiasa saling menolong, menghormati dan saling menjadi meskipun berbeda komunitas. Di lapangan hijau The Jack dan Viking terbiasa adu mulut, tapi di puncak gunung mereka bisa minum kopi bareng di gelas yang sama, makan mie bareng pada nesting yang sama.

2.3. Melatih ketangkasan dan keterampilan

Manfaat mendaki gunung juga dapat melatih ketangkasan dan keterampilan. Pendaki gunung dituntut harus gesit dan terampil mengurus diri sendiri dan menjaga orang-orang di sekitarnya dari ancaman bahaya baik yang datang dari alam maupun serangan binatang buas.

2.4. Melatih ketabahan dan kegigihan meraih cita-cita

Mendaki gunung adalah perjalanan yang meletihkan. Dibutuhkan perjuangan ekstra tanpa mengeluh untuk sampai di puncak gunung. Dengan demikian orang yang terbiasa mendaki gunung akan lebih tabah dan gigih meraih mimpi-mimpinya.

2.5. Menumbuhkan motivasi diri

Mendaki gunung tidaklah gratis, butuh pengorbanan seperti untuk membeli peralatan dan perlengkapan naik gunung yang tidak murah dan perjalanan kaki yang jauh tanpa menghasilkan uang. Hebatnya mereka memiliki motivasi yang tinggi untuk lebih giat berusaha. Jarang ada pendaki gunung sejati yang hidup bermalas-malasan.

2.6. Menumbuhkan rasa cinta alam dan kasih sayang sesama manusia

Pendaki gunung akan terbiasa hidup dengan alam. Mereka akan merasakan bagaimana pentingnya menjaga dan melestarikan alam.

2.7. Menumbuhkan rasa syukur

Manfaat mendaki gunung yang tidak kalah penting adalah tumbuhnya rasa syukur. Bagaimana tidak merasa bersyukur setelah menyaksikan indahnya dunia dari atas puncak. Di sana langit terasa begitu dekat.

3. Manfaat mendaki gunung bagi lingkungan

Manfaat mendaki gunung bagi lingkungan sekitar yaitu dapat meminimalisir kerusakan hutan akibat penebangan liar. Kehadiran pendaki dapat menghentikan sementara aktifitas pembalakan hutan. Pendaki gunung juga biasanya ikut menjaga lingkungan dengan cara melakukan kegiatan sosial berupa penanaman hutan atau reboisasi, seperti yang pernah dilakukan di gunung Papandayan.

Itulah artikel singkat tentang manfaat mendaki gunung. Semoga bermanfaat dan selamat mendaki !

Baca juga:

Gunung Papandayan

Jalur pendakian Gunung Cikuray

Gunung Cikuray via Cikajang

Jalur pendakian Cikuray via Bayongbong

Komentar

comments

3 Comments

Leave a Reply