Penyebab artikel hilang di SERP Google dan cara mengatasinya

Penyebab artikel hilang di SERP Google dan cara mengatasinya

 

artikel hilang di SERP

artikel hilang di SERP

Artikel hilang di SERP membuat hati tidak senang dan jengkel. Saya baru saja mengalaminya, artikel yang berjudul “Berbagi bahagia bersama TabloidNova.Com” tiba-tiba hilang di SERP. Persaingan kata kunci artikel tersebut memang sangat ketat, soalnya artikel itu beradu kuat dengan para kontestan SEO. Saya sendiri bukan peserta SEO yang diselenggarakan Tabloid Nova. Tadinya saya cuma mencoba saja, di posisi berapa artikel blog saya berada di antara para master SEO. Mulanya di halaman empat, merangkak naik ke halaman dua. Namun setelah tiga hari, artikel hilang di SERP.

Gara-gara artikel hilang di SERP, kali ini saya ingin berbagi informasi kepada anda yang mengalami hal serupa untuk mengetahui apa penyebab artikel hilang di SERP Google dan bagaimana cara mengatasi artikel hilang di SERP google.

Penyebab Artikel hilang di SERP Google

Ada beberapa penyebab artikel hilang di SERP Google, di antaranya:

1. Persaingan ketat

Ini penyebab utama artikel hilang di SERP. Persaingan keyword (kata kunci) yang ketat bisa mengakibatkan artikel hilang di SERP. Kalau ingin merasakan bagaimana ketatnya persaingan keyword, anda boleh coba ikut-ikutan menulis artikel dengan keyword, judul dan topik yang dibahas para kontestan SEO.

2, Duplikat konten

Penyebab lain artikel hilang di SERP adalah adanya duplikat konten. Artinya ada kesamaan atau kemiripan konten artikel blog, baik dalam blog anda sendiri maupun dengan artikel blog lain. Dalam hal ini saya telah membuat kesalahan sendiri. Saya membuat kata kunci dan judul yang hampir mirip, yang saya berjudul “Berbagi bahagia bersama TabloidNova.Com – Inspirasi” sedangkan satu lagi “Berbagi bahagia bersama TabloidNova.Com – Kontes SEO”.  Artikel “Berbagi bahagia bersama TabloidNova.Com – Inspirasi” hilang di SERP, posisinya di SERP diganti oleh “Berbagi bahagia bersama TabloidNova.Com – Kontes SEO”. Padahal semula justru artikel “Berbagi bahagia bersama TabloidNova.Com – Kontes SEO” yang hilang di SERP. Selain karena ada kemiripan konten yang tidak disengaja seperti pada kontes SEO, penyebab artikel hilang di SERP bisa diakibatkan oleh perbuatan copaser yang meng-copy paste konten artikel anda. Sehingga artikel anda tersingkir dari SERP Google.

3. Judul artikel sama

Seperti telah dijelaskan di atas, bahwa kemungkinan penyebab artikel hilang di SERP karena terdapat duplikat konten, termasuk duplikat judul. Pada kasus yang saya alami memang demikian adanya, terdapat puluhan artikel yang memiliki kesamaan konten, keyword dan judul artikel. Termasuk dua artikel yang terdapat pada blog saya, keduanya memiliki judul yang hampir sama.

4. Kalah kualitas konten

Selain faktor-faktor tadi, penyebab artikel hilang di SERP karena artikel blog anda kalah bersaing dari sisi kualitas.

Jika bermanfaat, mohon like fb page kami ya!!

5. Optimasi SEO belum kuat

Ini rata-rata menjadi kelemahan blogger pemula, optimasi SEO onpage dan off page blognya belum mapan, sehingga tidak bisa bertahan dalam ketatnya persaingan di mesin telusur. Tidak cukup backlink berkualitas juga bia menjadi penyebab artikel hilang di SERP. Dan sebaliknya, blog yang belum berumur lalu diberi backlink banyak sekaligus juga bisa berakibat buruk.

Cara mengatasi artikel hilang di SERP Google

  1. Bicara penyebab artikel hilang di SERP saja tidak lengkap tanpa adanya solusi untuk mengatasi artikel hilang di SERP. Cara mengatasi artikel hilang di SERP di antaranya sebagai berikut:
  2. Pilih kata kunci yang persaingannya tidak terlalu ketat tetapi banyak dicari pengunjung. Ibarat balap karung, kalau belum mampu bertarung melawan juara nasional, berlatihlah dulu beradu tangguh dengan juara tingkat desa.
  3. Buat artikel orisinil, beda dari yang lain. Artikel yang unik, menarik dan bermanfaat akan bertahan pada posisi terbaik di SERP Google. Akurasi data dan kebenaran informasi yang disajikan pada artikel juga akan menjadi bahan pertimbangan Google untuk menempatkan sebuah artikel pada halam pertama SERP.
  4. Lakukan optimasi SEO onpage dan bangun backlink berkualitas secara bertahap dan tidak membabi buta.
  5. Kalau artikel anda sudah terlanjur hilang di SERP, cara mengatasinya bisa dicoba dengan cara mengetik kata kunci di web browser, cari artikel anda di halaman berapa sampai ketemu. Kemudian setelah ketemu, klik linknya agar Google menyimpan link artikel anda. Kalau masih tidak ketemu, coba ketik site:url artikel, kemudian klik link artikel yang muncul itu.
  6. Submit kembali artikel blog anda, kemudian reload artikel anda hingga beberapa kali.
  7. Kurangi link outbond yang kurang penting, ganti dengan link outbond ke blog yang berpage rank tinggi.

Semoga setelah anda membaca artikel hilang di SERP ini, anda tidak mengalami artikel hilang di SERP. Semoga bermanfaat!

Komentar

comments

5 Comments

Leave a Reply