Cara membuat backlink berkualitas, gratis dan aman

Cara membuat backlink berkualitas, gratis dan aman

 

Cara membuat backlink berkualitas – Melanjutkan artikel sebelumnya tentang cara optimasi SEO onpage pada blog baru, kali ini saya akan berbagi tips cara membuat backlink berkualitas untuk blog. Pengertian backlink yaitu link dari blog / website lain yang tertaut ke URL home page blog atau URL artikel postingan blog anda. Backlink termasuk optimasi SEO off page, yaitu upaya mengoptimalkan blog di mesin pencari yang dikerjakan di luar blog anda. Agar lebih jelas, saya akan berikan ilustrasi cara membuat backlink berkualitas seperti berikut ini:

A. Ilustrasi cara membuat backlink

Saya membuat blog baru dengan domain Banjarwangi.com, kemudian saya akan membuat backlink di blog anda. Tentunya anda tidak akan begitu saja membuat link yang mengarah ke blog saya dalam artikel yang anda buat. Caranya saya akan menulis komentar di blog anda pada artikel yang memiliki kesamaan topik pembahasan dengan artikel blog Banjarwangi.com yang akan dibuatkan backlink. Lihat gambar di bawah!

Maaf penjelasan saya di atas mengenai pengertian backlink agak belepotan, tapi mudah-mudahan dapat andapa fahami.

Cara membuat backlink yang berkualitas

Cara membuat backlink yang berkualitas

B. Manfaat belajar cara membuat backlink berkualitas

Manfaat belajar cara membuat backlink yaitu agar anda bisa membuat backlink yang berkualitas dan aman untuk blog anda. Tujuan backlink sendiri adalah untuk memperkuat posisi anda di mata mesin pencari. Master SEO mengatakan, backlink diibaratkan nyawa sebuah blog. Google akan menaruh kepercayaan kepada blog anda apabila terdapat backlink dari blog yang memiliki reputasi tinggi (page rank) di mata google. Sehingga atrikel atau homepage blog anda akan menempati halaman pertama Google.

C. Cara membuat backlink berkualitas secara natural

Cara membuat backlink berkualitas harus dilakukan secara natural agar terlihat alami oleh mesin pencari. Membuat backlink secara natural yaitu membuat link di blog orang lain yang memiliki kesamaan tema dengan blog / artikel anda dan menggunakan anchor text kata kunci bervariasi namun terkait dengan target kata kunci dan seolah-olah bukan anda yang membuatnya. Anchor text yaitu teks yang digunakan untuk menautkan link. Anda bisa lihat contoh anchor text pada ilustrasi cara membuat backlink di atas, saya menggunakan teks “membuat blog baru”. Apabila teks tersebut diklik maka web browser akan membuka artikel cara membuat blog, silahkan dicoba!

Saya pernah membaca artikel pakar SEO, maaf lupa lagi nama blognya. Dia mengatakan cara membuat backlink yang natural itu jangan menggunakan email gmail yang dipakai untuk mendaftar domain atau daftar blog. Alasannya Google akan membaca bahwa backlink itu tidak natural karena anda yang membuatnya. Jelasnya begini, jangan gunakan email blog anda untuk sign up di forum, membuat komentar atau registrasi di website tempat anda akan membuat backlink. Alternatifnya gunakan email yang lain, misalnya email yahoo.com.

D. Cara membuat backlink gratis

Berikut ini adalah langkah-langkah cara membuat backlink berkualitas yang bisa anda lakukan:

1. Membuat backlink dengan blogwalking dan berkomentar

Blogwalking adalah kegiatan mengunjungi blog milik orang lain. Caranya silahkan ketik kata kunci yang anda target di web browser, lalu buka artikel blog satu per satu yang tampil pada halaman pertama. Selanjutnya silahkan tinggalkan komentar yang baik dan sesuai tema artikel. Jangan meninggalkan link aktif pada komentar karena kebanyakan mereka tidak suka. Tinggalkan link artikel anda pada kotak alamat website yang mereka sediakan, atau gunakan name/URL. Blogwalking selain berguna sebagai cara membuat backlink, juga bisa dijadikan inspirasi untuk menulis artikel yang baik.

2. Membuat backlink di forum

Caranya daftar dan bergabung di forum-forum besar seperti bersosial.com atau forum kompas. Anda bisa memanfaatkan signature di forum sebagai tempat yang aman dan gratis untuk membangun backlink.

3. Bangun backlink di media sosial

Manfaatkan media sosial seperti google plus, twiter atau facebook untuk membangun backlink. Caranya share link homepage atau link artikel blog anda ke media sosial tersebut. Cara membuat backlink seperti ini bisa dibilang paling mudah juga efektif karena pengguna media sosial tersebut sangat banyak sehingga anda berpeluang meningkatkan pengunjung blog yang datang dari media sosial.

4. Membuat backlink di academia.edu

Cara membuat backlink di academia.edu adalah daftarkan akun anda di academia.edu, kemudian buat artikel yang bagus. Tanamkan link yang mengarah ke homepage dan artikel blog anda dan upload artikel terebut ke academia.edu.

5. Membangun backlink di sosial bookmark

Setiap anda mempublikasikan artikel, submit link artikel tersebut ke bookmark direktori. Contohnya digg.com, lintas.me dan masih banyak lagi.

E. Cara membuat backlink berbayar

Kalau anda tidak mau repot membangun backlink gratis, dan anda siap mengeluarkan dana untuk membangun backlink. Anda bisa menggunakan jasa SEO atau menyelenggarakan kontes SEO. Tetapi cara ini tidak begitu direkomendasikan.

F. Tips cara membuat backlink yang aman untuk blog

Cara membuat backlink yang salah akan berakibat buruk bagi blog anda. Berikut ini tips cara membuat backlink yang aman untuk blog:

1. Membuat backlink sewajarnya

Bangun backlink secara bertahap, sesuaikan dengan umur blog dan jumlah artikel yang terdapat pada blog anda. Jangan membangun backlink secara membabi buta karena tidak baik buat blog anda. Buatlah backlink secara proporsional antara backlink ke homepage blog dan ke url artikel.

2. Tidak menggunakan tool otomatis

Jangan membuat backlink menggunakan tool pembuat backlink otomatis. Backlink yang dibuat oleh tool otomatis jumlahnya tidak terkontrol. Lakukan saja secara manual.

3. Buat backlink dofollow dan nofollow

Bangun backlink di blog dofollow dan nofollow secara seimbang. Alami saja, jangan terlalu tergesa-gesa dan berharap hasil maksimal dengan cara instan. Anggaplah anda sedang menulis di atas batu, susah, lama namun hasilnya akan awet tidak seperti menulis di atas air, mudah namun cepat hilang.

Demikian cara membuat backlink berkualitas untuk mengoptimalkan blog anda pada halaman hasil pencarian mesin telusur. Semoga bermanfaat!

Komentar

comments

29 Comments

Leave a Reply