Batu akik Garut yang paling populer

Batu akik Garut yang paling populer

Batu akik Garut – Demam batu akik Garut yang semakin booming telah membuat Kecamatan Bungbulang Kabupaten Garut semakin pupuler di mata para kolektor batu mulia dari seluruh dunia. Batu akik Garut terutama jenis hijau Garut akhir-akhir ini semakin diburu para penggemar batu mulia, harganyapun bisa tembus hingga ratusan juta rupiah. Trend batu akik sekarang ini secara tidak langsung telah mendongkrak popularitas daerah penghasil batu hijau di Kabupaten Garut.

Pusat batu akik di Garut

Daerah penghasil batu akik Garut yang menghasilkan batu kualitas terbaik di Garut yaitu di Kecamatan Bungbulang dan Caringin Kabupaten Garut. Namun di daerah Bungbulang, keberadaan batu akik hijau Garut telah dinyatakan langka. Penambang batu akik Garut bisa menghabiskan waktu bertahun-tahun untuk mendapatkan batu akik jenis hijau Garut yang harganya selangit.

Jenis-jenis batu akik Garut

1. Batu akik Garut hijau ohen

batu akik garut hijau ohen

Batu hijau Garut

Batu hijau Garut merupakan jenis batu akik paling populer dan mahal. Kualitas batu hijau Garut terbaik yaitu batu hijau Garut ohen, batu akik yang sudah sangat langka. Tidak sedikit para kolektor batu permata yang datang langsung ke Kecamatan Bungbulang terpaksa pulang dengan tangan kosong. Kalaupun batu hijau Garut ini aga, harganya bisa mencapai ratusan juta rupiah. Wajar saja harganya selangit dan tidak masuk akal, karena batu akik Garut hijau ohen sudah langka, proses penggalian bongkahannya bisa menghabiskan waktu hingga dua tahun dengan kedalaman galian sampai ratusan meter.

2. Batu akik Garut hijau toska

Batu akik hijau garut yang kedua adalah jenis hijau toska atau toska Garut. Batu akik jenis ini tidak sepopuler dan semahal hijau Garut. Toska Garut banyak dihasilkan di Kecamatan Caringin, Bungbulang dan Cisangkal. Harganya berkisar antara 3 juta sampai 20 juta. Batu akik hijau toska Garut juga sudah mulai langka, ada kemungkinan batu akik Garut ini akan mengalami kenaikan harga. Batu akik Garut hijau toska dengan kualitas terbaik dihasilkan dari daerah galian Cisangkal. Hijau toska Cisangkal memiliki ciri khas berupa serat tembaga.

3. Batu pancawarna Garut

Batu pancawarna Garut (PW Garut) banyak dihasilkan daeri daerah Caringin Kabupaten Garut. PW Garut yang melegenda adalah batu akik Garut Edong. Disebut pancawarna karena batu Garut jenis ini memiliki 5 warna dalam 1 batu.

Itulah ulasan seputar batu akik Garut yang tengah populer saat ini. Masih banyak jenis batu akik dari Garut yang harganya terjangkau dan memiliki kualitas super seperti batu akik Garut dari daerah Banjarwangi dan batu akik Cikolak Kecamatan Peundeuy Kabupaten Garut wilayah selatan.

Komentar

comments

Leave a Reply