Kriteria calon suami idaman menurut Islam

Kriteria calon suami idaman menurut Islam

Kriteria calon suami idaman atau ciri calon istri idaman yang akan membawa kebahagiaan dunia dan akhirat menurut ajaran Islam ada empat kriteria. Ternyata masing-masing kriteria calon suami idaman menurut ajaran Islam itu selaras dengan keinginan para perempuan masa kini. Karena Islam merupakan agama yang sempurna, maka ajarannya tidak ada cacat sedikitpun dan berlaku sepanjang zaman. Dari mulai zaman Nabi Muhammad saw. sampai sekarang, kriteria calon suami idaman yang diajarkan oleh Nabi Muhammad saw. tetap cocok.

Apa saja kriteria calon suam idaman menurut Islam?

kriteria calon suami idaman

Kriteria calon suami idaman

1. Kriteria calon suami idaman dilihat dari agamanya

Memilih kriteria calon suami idaman yang menjadi prioritas utama menurut agama Islam adalah lihat agamanya. Artinya bagi umat Islam, kriteria calon suami idaman yang paling diutamakan adalah seaqidah. Taat menjalankan perintah agama dan rajin beribadah. Perilaku seseorang dalam kehidupan sehari-hari, baik dalam hubungan berkeluarga atau bermasyarakat dapat dilihat dari ketaatannya beragama. Muslim yang bertaqwa akan bertanggung jawab pada Tuhannya, menjaga amanah istri atau suaminya, serta menjaga anak-anaknya dengan sebaik-baiknya. Dengan demikian, kriteria calon suami atau istri yang taat beribadah akan mengikuti sunnah Nabi Muhammad saw yaitu mentaati perintah ulama dan umara (pemerintah).

2. Kriteria calon suami idaman menurut keturunannya

Kriteria calon suami atau istri yang kedua adalah lihat keturunannya. Bukan berarti keturunan ningrat atau pejabat, tetapi keturunan orang baik-baik. Laki-laki yang shaleh akan mendapatkan istri yang shalehah. Faktor keturunan menjadi penting karena pernikahan sejatinya tidak hanya menyatukan sepasang kekasih, tetapi mempersatukan dua keluarga besar yang memiliki adat istiadat berbeda satu sama lain. Kebiasaan dan karakter keluarga masing-masing juga bisa mempengaruhi keharmonisan dan kelangsungan rumah tangga.

3. Kriteria calon suami idaman menurut hartanya

Selanjutnya Islam membolehkan memilih kriteria calon suami idaman yang memiliki harta cukup untuk kehidupan berumah tangga. Perempuan modern cenderung memilih calon suami yang mapan, mandiri, dewasa, jujur, setia dan penyayang. Tetapi harus diingat bahwa pemuda yang hebat itu bukan pemuda yang berkata “inilah punya bapak saya”, tetapi “inilah hasil jerih payah saya”. Kriteria calon suami idaman yang memiliki banyak harta tidak jadi standar mutlak. Yang terpenting memiliki akhlaq mulia, harta bisa dicari.

 

4. Kriteria calon suami idaman menurut ketampanannya

Kriteria calon suami idaman yang terakhir yaitu pilihlah calon suami yang tampan, atau carilah calon istri yang cantik agar rumah tangga anda harmonis karena di dasari raca cinta karena Allah. Ketampanan yang hakiki bukan pada wajah, tetapi ketampanan atau kecantikan hati harus lebih diutamakan.

Kesimpulan kriteria calon suami idaman

Pilihlah kriteria calon suami idaman yang shaleh dan taat beribadah, lahir dari keluarga baik-baik, memiliki harta yang cukup dan tampan. Tetapi bila anda tidak mendapati calon suami yang tampan, kaya atau dari keturunan baik-baik, pilihlah calon suami yang shaleh dan taat beribadah agar keluarga anda sakinah, mawaddah, warahmah!

Komentar

comments

Tags:

7 Comments

Leave a Reply