Cara optimasi SEO onpage pada blog baru : lengkap

Cara optimasi SEO onpage pada blog baru

 

Cara optimasi SEO onpage pada blog baru untuk pemula – SEO (Search Engine Optimization) tentu sudah tidak asing lagi di telinga para blogger. Artikel ini saya tulis sebagai panduan cara optimasi seo onpage untuk blogger yang masih pemula banget. Cara optimasi SEO onpage ini sangat sederhana tetapi cukup berguna untuk memenangkan persaingan di mesin telusur google. Tips cara optimasi SEO onpage ini sudah saya praktekan sendiri di blog baru Banjarwangi.com, hasilnya beberapa artikel blog baru ini tampil di halaman pertama google. Karena itulah saya buat panduan cara optimasi SEO onpage ini agar teman-teman blogger pemula yang baru menekuni blogging bisa menempatkan artikelnya di halaman pertama google dan menyedot perhatian calon pengunjung blog.

Cara optimasi SEO onpage ini cukup lengkap dan cocok untuk blogger yang baru membuat blog dan sedang belajar SEO dari awal. Sebetulnya sudah banyak blog dan website yang membahas cara optimasi SEO onpage secara lengkap dan jelas. Optimasi SEO dinilai penting ketika anda berniat meningkatkan jumlah pengunjung blog sehingga nantinya blog anda menjadi semakin ramai.

Cara optimasi SEO onpage pada blog baru untuk pemula: lengkap

1. Tujuan penulisan cara optimasi SEO onpage

Optimasi SEO onpage adalah upaya mengoptimalkan halaman artikel dan homepage blog di mesin pencari agar bisa tampil di pejwan. Tujuan saya menulis cara optimasi SEO onpage ini untuk membantu blogger yang sedang mendalami cara optimasi SEO onpage pada blog dan website baru.

2. Langkah-langkah cara optimasi SEO onpage pada blog baru

2.1. Panjang judul artikel

Panjang judul artikel yang ideal yaitu 40 – 70 karakter. Tempatkan kata kunci (keyword) pada awal judul artikel. Misalnya : Cara optimasi SEO onpage pada blog untuk pemula, cara optimasi seo onpage blog baru, cara optimasi seo onpage website, dan lain-lain.

2.2. Panjang tubuh artikel

Panjang tubuh artikel minimal 300 kata, semakin panjang akan semakin bagus. Agar lebih jelas, silahkan baca cara membuat artikel SEO dan kenali ciri artikel yang disukai pengunjung. Artikel yang lebih panjang dianggap bagus karena kerapatan kata kuncinya lebih banyak dan pengunjung akan menghabiskan waktu cukup lama untuk membaca artikel sehingga bisa menurunkan angka bounce rate.

2.3. Buat link terkait di blog

Link terkait yang saya maksud adalah link antara satu artikel dengan artikel lainnya di blog yang memiliki kesamaan topik. Contohnya bisa anda lihat pada artikel cara optimasi SEO onpage ini, terdapat beberapa link terkait yang mengarah ke artikel lain. Tujuannya agar mesin perayap dan pengunjung dapat menelusuri setiap artikel di blog.

2.4. Gunakan efek cetak

Efek cetal tebal, miring dan garis bawah pada kata kunci secara wajar dan tidak berlebihan. Gunanya untuk memberikan penekanan kepada mesin telusur dan pengunjung bahwa kata/frase yang diberi efek tersebut dianggap penting. Contohnya efek cetak tebal pada beberapa frase cara optimasi SEO onpage.

2.5. Gunakan penajukan

Letakkan kata kunci pada heading H1 (judul), H2 (sub sujul) dan H3 (sub judul H2; optional). H1 tidak boleh lebih dari satu dalam satu artikel.

2.6. URL artikel

Gunakan URL artikel untuk menanam kata kunci (keyword). Panjang URL artikel tidak boleh lebih dari 100 karakter. Jika judul artikel terlalu panjang, pertimbangkan untuk memperpendeknya.

2.7. Mengisi meta deskripsi

Meta deskripsi pada blog WordPress terdapat pada plugin SEO, sedangkan pada blogspot harus diaktifkan dengan cara Login ke dashboard blogger anda > Setelan > Preferensi Penelusuran > Edit Deskripsi > Masukkan deskripsi tentang blog anda > Simpan.

cara optimasi seo onpage blogger

Cara optimasi seo onpage : mengisi meta deskripsi pada blogger

Setelah meta deskripsi penelusuran diaktifkan, maka akan muncul settingan deskripsi penelusuran saat anda akan memposting artikel.

Contoh cara mengisi meta deskripsi:

Meta deskripsi diisi dengan deskripsi singkat (tidak lebih dari 165 karakter) tentang isi artikel. Jangan lupa untuk menyisipkan kata kunci pada deskripsi penelusuran. Contoh :

Judul     : Cara optimasi SEO onpage pada blog baru untuk pemula : lengkap

Meta deskripsi  :

Cara optimasi SEO onpage pada blog atau website baru. Tips cara optimasi SEO onpage ini sangat lengkap dan ampuh memenangkan persaingan mesin telusur google

2.8. Mengisi title tag dan alt tag pada gambar

Sisipkan sekurang-kurangnya satu buah gambar pada artikel agar pengunjung blog anda tidak bosan. Letakan kata kunci pada title tag dan alt tag gambar.

2.9. Menempatkan keyword pada artikel

Berdasarkan pengalaman pribadi, menyimpan kata kunci pada artikel dengan benar terbukti ampuh memposisikan artikel blog pada halaman pertama google. Kata kunci/ frase pada artikel ini adalah cara optimasi SEO onpage. Silahkan anda teliti di mana saja saya menempatkan frase cara optimasi SEO onpage dalam artikel ini. Hasilnya di mesin telusur? untuk kata kunci frase cara optimasi seo onpage artikel ini masih kalah oleh blog para pakar SEO, tapi untuk frase kata kunci yang lebih panjang cara optimasi seo onpage pada blog baru bisa sejajar dengan blog PR tinggi. Kalau sudah berhasil membuat frase kata kunci yang panjang, perlahan-lahan beralih ke frase yang lebih pendek.

 

2.10. Sisipkan minimal satu link outbond

Sisipkan link outbond atau link yang mengarah ke luar secara proporsional (tidak boleh berlebihan). Boleh mengarah ke link artikel atau hompage blog yang terkait.

3. Kesimpulan cara optimasi SEO onpage pada blog

Optimasi SEO onpage adalah upaya memaksimalkan blog pada hasil penelusuran. Terdapat sekurang-kurangnya 10 langkah (poin) untuk mengoptimasi blog atau website baru agar tampil pada halaman pertama hasil penelusuran mesin pencari. Masing-masing poin saling menunjang untuk memenangkan persaingan di mesin telusur. Cara optimasi SEO onpage paling inti menurut saya adalah penempatan kata kunci pada tag h1, pada url, pada kalimat pertama artikel, pada alt tag / title tag gambar dan pada meta deskripsi.

Jika bermanfaat, mohon like fb page kami ya!!

Cara optimasi SEO onpage ini saya rasa sudah cukup. Silahkan dicoba, semoga bermanfaat.

Komentar

comments

5 Comments

Leave a Reply