Man jadda wajada, bukan sekedar motivasi

Arti man jadda wajada, bukan sekedar motivasi

ari kata motivasi islami man jadda wajada

Motivasi Islami man jadda wajada

Arti man jadda wajadaPengertian man jadda wajada adalah barang siapa yang bersungguh-sungguh, maka ia akan berhasil. Kalimat man jadda wajada merupakan pepatah yang mengandung motivasi tinggi tidak hanya bagi umat Islam, tetapi bagi seluruh umat beragama. Maknanya jelas mencerminkan kegigihan atau kekuatan tekad dan perjuangan hidup untuk meraih sesuatu yang dicita-citakan.

Jarang ada keberhasilan yang diraih secara instan. Hampir semua keberhasilan hanya bisa dicapai oleh orang-orang yang ulet, tekun, gigih dan sungguh-sungguh menjalani prosesnya. Man jadda wajada bukan hanya slogan atau semboyan, tetapi man jadda wajada adalah keputusan dan perbuatan seperti digambarkan dalam film 5 (lima) menara.

Jika diperhatikan dari arti man jadda wajada, keberhasilan merupakan sebuah akibat dari perbuatan yang serius dan sungguh-sungguh. Pepatah senada juga mengatakan “tidak ada prajurit terlatih, yang ada adalah prajurit yang terus berlatih”, “ikuti prosesnya, maka anda akan tahu banyak hal”, “tidak ada langkah ke seribu tanpa langkah kesatu, kedua dan seterusnya”.

Jadi kita tidak perlu khawatir perjuangan dan pengorbanan kita akan sia-sia. Setiap perjuangan akan membuahkan hasil yang sebanding. Adapun hasilnya bisa diperoleh saat itu juga atau ditangguhkan sampai kita betul-betul siap menerima keberhasilan. Man jadda wajada mengajarkan kepada kita untuk menikmati dan menjalani proses dengan sungguh-sungguh.

Dapat anda bayangkan bagaimana jadinya jika saat masih kecil dulu, tidak bersungguh-sungguh belajar berjalan? Tentu hari ini hanya bisa meratapi nasib. Saat kita masih kecil tidak mengenal man jadda wajada, tetapi kesungguhan kita belajar berjalan mencerminkan sikap man jadda wajada. Berapa kali anda jatuh? Sebanyak itu pula anda bangun.

Thomas Alpha Edison, mengatakan “saya bukan gagal, tetapi saya berhasil menemukan kegagalan”. Musisi sekaligus bos Republik Cinta Manajemen, Ahmad Dani dalam syair lagunya juga menegaskan “sudah saatnya untuk kita bangkit, terpuruk tak boleh terlalu lama, jangan ulang kesalahan, belajar dari pengalaman”. Mulai hari ini, marilah kita bersungguh menjalani aktifitas dan perkerjaan agar mendapatkan hasil yang maksimal dan bangkit dari keterpurukan seperti seruan bang Iwan Fals, jangan ragu dan jangan malu, tunjukan pada dunia bahwa sebenarnya kita mampu! bangunlah putra-putri ibu pertiwi, mari mandi dan gosok gigi.

Man jadda wajada !

Man jadda wajada !

Man jadda wajada !

Gambar : mrwahid.wordpress.com

Komentar

comments

Tags:

One Response

Leave a Reply