Jalur pendakian gunung Cikuray via Cikajang

Jalur pendakian gunung Cikuray via Cikajang – Selamat siang para pendaki dan pecinta alam di seluruh nusantara. Pada artikel sebelumnya saya pernah menulis jalur pendakian gunung Cikuray.

Artikel tersebut membahas 3 (tiga) jalur pendakian gunung Cikuray secara umum, yaitu jalur via Cikajang, via Bayongbong dan via Cilawu. Pada artikel kali ini saya akan berbagi informasi lebih sfesifik tentang jalur pendakian gunung Cikuray via Cikajang.

Jalur pendakian gunung Cikuray via Cikajang

Teman-teman yang pernah mendaki gunung Cikuray via Cikajang, nanti saya persilahkan untuk bertukar pengalaman dan berbagi informasi seputar jalur pendakian gunung Cikuray via Cikajang yang belum pernah saya alami agar memberikan wawasan yang lebih luas bagi teman-teman pendaki yang belum mencoba naik gunung Cikuray via Cikajang.

Saya akan menceritakan jalur pendakian gunung Cikuray via Cikajang mulai dari alun-alun Kecamatan Cikajang, tepat di depan Masjid Agung Cikajang. Dari alun-alun anda boleh memilih jalan kaki, kontrak colt buntung atau naik ojek sampai di kampung Olan. Jika berjalan kaki, di belakang alun-alun terdapat perempatan jalan desa, selanjutnya ikuti jalan yang menuju ke Cigedug. Beberapa ratus meter ke depan anda akan menemui pertigaan. Dari pertigaan itu, ambil jalur ke sebelah kanan. Dari situ lurus menuju kampung Olan sampai menemukan masjid terakhir. Perjalanan kaki dari alun-alun Cikajang sampai masjid kampung Olan kurang lebih 1 jam.

Dari masjid terakhir di kampung Olan anda akan melewati jalan perkebunan yang lumayan besar yang biasa dilalui kendaraan pengangkut hasil panen sayuran. Anda akan sampai di batas hutan gunung Cikuray sekitar 1 jam. Total waktu tempuh dari alun-alun Cikajang sampai di batas hutan kurang lebih 2 jam. Waktu tempuh jalur pendakian gunung Cikuray via Cikajang bisa dihemat kalau menggunakan jasa tukang ojek, tarif ongkosnya setahun ke belakang masih Rp. 10.000. Namun karena kenaikan harga BBM, sekarang tarifnya pasti sudah naik. Saya perkirakan tidak akan lebih dari Rp. 20.000.

Di jalur pendakian gunung Cikuray via Cikajang tidak terdapat pos pendaftaran seperti di jalur Cilawu. Sumber air terakhir bisa diperoleh di kebun warga, beberapa puluh meter sebelum memasuki hutan. Jalur Cikajang treknya lumayan terjal dan menantang, butuh waktu sekitar 4 jam untuk sampai di puncak gunung tertinggi Kabupaten Garut.

Meskipun jalur pendakian gunung Cikuray via Cikajang jarang dilalui, namun treknya cukup jelas dan tidak pernah ada kabar pendaki yang tersesat di jalur ini. Setelah 2 jam perjalanan dari batas hutan, anda akan mendapati jalur datar. Jaraknya tidak terlalu jauh, tetapi cukup untuk melenturkan otot-otot kaki sehabis menempuh tanjakan tajam.

Pemandangan di jalur pendakian gunung Cikuray via Cikajang menjelang puncak

Sejam kemudian, lagi-lagi anda akan menemukan dataran. Dari dataran yang kedua, puncak gunung Cikuray sudah dekat, dibutuhkan waktu sekitar satu jam lagi. Di jalur pendakian gunung Cikuray via Cikajang harus hati-hati karena sebelum dan setelah dataran yang kedua terdapat jurang. Sekitar 30 menit sebelum puncak, terdapat pesimpangan. Jalur kiri ke bawah menuju ke arah jalur Bayongbong, sedangkan ke arah kanan menuju puncak. Kalau dari arah puncak, jalur Cikajang harus melewati arah kiri.

Tidak lama setelah persimpangan antara jalur Cikajang dan Bayongbong, saat mendongak ke atas anda sudah bisa melihat langit biru, dan puncak gunung Cikuray tinggal beberapa langkah lagi. Di puncak Cikuray terdapat sebuah bangunan setinggi 3 m. Kalau sedang musim hujan, bangunan itu bisa dijadikan tempat berteduh. Di puncak ini anda bisa menikmati pesona keindahan gunung Cikuray, terutama menjelang maghrib dan saat matahari terbit.

Puncak gunung Cikuray

Demikianlah sedikit informasi tentang jalur pendakian gunung Cikuray via Cikajang yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat untuk perjalanan anda.

Selanjutnya :

Gunung Papandayan sungguh indah dan mempesona

Peralatan dan perlengkapan mendaki gunung