Cara meningkatkan pengunjung blog paling jitu

Cara meningkatkan pengunjung blog paling jitu

Cara meningkatkan pengunjung blog paling jitu – Mendapat jumlah pengunjung blog ribuan per hari adalah impian saya, anda serta hampir semua blogger. Ada sebagian blogger yang tidak mempedulikan traffic blog. Yang tidak peduli dengan jumlah pengunjung blog biasanya mereka yang tujuan ngeblognya sebatas dokumentasi saja. Lain halnya dengan blogger yang menginginkan tulisannya di blog dibaca oleh banyak orang, atau blogger yang menjadikan blog sebagai internet marketing.

Blogger yang memanfaatkan blog sebagai ladang untuk meraup rupiah seperti blog affiliasi atau toko online tentu akan terus mencari cara meningkatkan pengunjung blog agar produk yang mereka tawarkan di blog bisa terjual dalam jumlah banyak. Karena secara hitung-hitungan matematika, jika omzet penjualan meningkat maka keuntungan yang diperoleh akan bertambah besar.

Kalau anda bagian dari blogger yang ingin meningkatkan traffic blog atau website, coba ikuti cara meningkatkan blog / website berikut ini:

cara meningkatkan pengunjung blog

(Cara meningkatkan pengunjung blog)

1. Cara meningkatkan pengunjung blog / website tanpa biaya (gratis)

1.1. Posisikan artikel blog di halaman pertama google

Cara meningkatkan pengunjung blog yang paling jitu menurut saya adalah memposisikan setiap artikel blog pada halaman pertama hasil pencarian google. Logikanya kalau seluruh artikel blog kita tampil di halaman pertama google, maka pengunjung yang datang dari mesin pencari untuk penelusuran terkait akan meluncur ke blog anda.

Artikel terkait :

Cara agar artikel cepat terindex google

Cara menulis artikel SEO agar tampil di halaman pertama google

Cara menempatkan kata kunci yang tepat pada artikel

1.2. Buat artikel yang menarik

Setelah berhasil menempatkan artikel di halaman pertama google, cara meningkatkan pengunjung blog / website paling jitu berikutnya yaitu membuat artikel yang unik, menarik dan banyak dicari. Artikel muncul di halaman pertama juga kalau tidak ada yang mencari pasti blog sepi pengunjung. Untuk mencari tahu topik banyak dicari bisa lihat di google trends atau menggunakan google adword planner.

Artikel terkait :

Ciri blog yang disukai google dan pengunjung

Ciri artikel yang disukai pengunjung

Penyebab blog / website sepi pengunjung

1.3. Rajin update artikel

Rajin posting artikel dengan topik uptodate dan akurat akan disukai google dan pengunjung. Pengunjung blog cenderung lebih menyukai artikel terbaru daripada artikel lama. Lakukan update artikel secara rutin, waktunya silahkan atur sendiri. Cara meningkatkan pengunjung blog / website dengan cara seperti ini dianggap jitu karena blog akan memiliki banyak konten sehingga ketersediaan kata kunci untuk penelusuran artikel terkait akan lebih variatif.

1.4. Share link artikel blog di media sosial

Cara meningkatkan pengunjung blog dengan membagikan link artikel atau homepage blog ke media sosial (misal: facebook, google plus, twiter) sangat mudah dan murah. Memang tidak akan semua link yang dibagikan akan diklik oleh pengguna medsos. Tetapi dari sekian banyak yang melihat/membaca link yang anda bagikan sebagiannya pasti ada yang mengklik link artikel tersebut. Kalau dilakukan terus menerus, lama kelamaan blog anda akan populer di media sosial. Anda bisa membuat group, fanpage atau bergabung dengan group yang memiliki banyak anggota aktif.

1.5. Manfaatkan SMS dan BBM

Saya pernah mencoba cara meningkatkan pengunjung blog dengan memanfaatkan SMS gratis ke teman-teman dan membagikan link di status BBM (bukan blog Banjarwangi.com). Upaya ini cukup berdampak positif untuk meningkatkan jumlah visitor blog / website.

1.6. Promosi dari mulut ke mulut

Cara meningkatkan pengunjung blog paling gratis adalah dengan memberitahukan blog anda kepada teman-teman secara langsung dari mulut ke mulut.

1.7. Bergabung di forum

Cara meningkatkan pengunjung blog dengan cara bergabung di forum memiliki beberapa keuntungan, diantaranya promosi blog gratis, dapat backlink gratis dan apabila anda aktif menulis atau berdiskusi di forum anda pribadi juga akan populer. Contoh forum yang pernah saya ikuti adalah bersosial.com. Apabila cukup waktu luang untuk aktif di beberapa forum hasilnya akan lebih baik.

1.8. Blogwalking dan berkomentar

Blogwalking atau berkunjung ke blog orang lain dan meninggalkan komentar yang relevan. Cara meningkatkan pengunjung blog melalui blogwalking harus dimanfaatkan untuk menjalin hubungan baik dengan sesama blogger dan pengunjung. Usahakan jangan mengemis kunjungan balik atau kunbal, agar tidak terlihat sebagai blogger baru.

1.9. Menjadi penulis tamu

Menjadi penulis tamu yaitu anda menyalurkan hobi menulis di blog milik orang lain. Kalau tulisan anda bagus, maka pembaca akan mencari blog anda untuk mendapatkan tulisan-tulisan menarik lainnya. Silahkan baca artikel terkait : cara menyalurkan hobby menulis agar menghasilkan uang.

2. Cara meningkatkan pengunjung blog / website memakai biaya (berbayar)

2.1. Pasang Iklan di televisi

Kalau punya banyak uang, silahkan pasang iklan di televisi seperti okezone.com, viva.com, tokopedia.com dan lain-lain. Cara meningkatkan pengunjung blog dengan memasang iklan di televisi memang mahal, tetapi hasilnya akan memuaskan.

2.2. Pasang iklan di radio

Memasang iklan di radio tentunya tidak semahal memasang iklan di televisi, namun hasilnya juga tidak akan sehebat memasang iklan di televisi. Cara meningkatkan pengunjung blog dengan iklan di radio harus tepat dalam memilih segmen, artinya anda pasang iklan pada acara yang pendengarnya sesuai dengan target visitor blog anda.

2.3. Pasang iklan di Google

Cara meningkatkan pengunjung blog berbayar yang populer saat ini adalah memasang iklan di google. Pasang iklan di google tidak rugi, karena anda akan membayar apabila ada pengunjung yang datang ke blog melalui klik link iklan di google. Kalau tidak ada kunjungan maka deposit anda tidak akan dipotong.

2.4. Pasang iklan di website iklan baris

Selain memasang iklan di google, anda juga bisa memasang iklan di website iklan baris untuk meningkatkan jumlah visitor blog.

2.5. Pasang spanduk / sticker

Cara meningkatkan pengunjung blog berbayar ini caranya dengan memasang baliho di tempat-tempat yang ramai atau ikut menempelkan sticker di angkutan kota atau angkutan umum. Atau bisa juga dengan membagikan sticker cantik kepada para pengendara kendaraan bermotor.

2.6. Pasang iklan berbayar di media sosial

Media sosial seperti facebook melayani pemasangan iklan dengan pilihan tarif yang sesuai dengan budget anda. Cara meningkatkan pengunjung blog melalui media sosial sekaligus bisa mempopulerkan blog anda pada pengguna situs jejaring sosial terbesar.

2.7. Pasang iklan di surat kabar

Terakhir, cara meningkatkan pengunjung blog / website yaitu dengan cara memasang iklan di surat kabar atau majalah-majalah. Tarif iklan surat kabar bervariasi sesuai dengan kolom pemasangan iklan dan popularitas surat kabar itu sendiri.

Cara meningkatkan pengunjung blog / website ini saya rasa sudah cukup. Silahkan pilih cara mana yang menurut anda paling cocok untuk meningkatkan jumlah pengunjung blog. Dan kalau anda punya cara lain yang lebih efektif untuk meningkatkan jumlah visitor blog dan website saya persilahkan untuk menambahkannya pada kotak komentar yang sudah disediakan. Terima kasih, semoga bermanfaat.

Komentar

comments

29 Comments

Leave a Reply