Cara mengatasi android lemot dengan mudah

Cara mengatasi android lemot dengan mudah

Cara mengatasi android lemot – Perkembangan inovasi di bidang teknolgi informasi dan komunikasi tidak bisa dibendung. Munculnya smartphone android memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi pengguna ponsel. Ditambah lagi dengan banyak aplikasi andorid yang sesuai dengan kebutuhan penggunanya. Akibatnya jumlah pengguna smartphone android dari waktu ke waktu terus mengalami peningkatan. Sekarang end user bisa memiliki ponsel pintar itu dengan harga yang relatif lebih murah. Namun di balik kecanggihan ponsel android, ada kelemahan yang sering dirasakan yaitu smartphone android lemot atau lambat. Untuk mengatasi hal itu saya akan berbagi cara mengatasi android lemot dengan mudah.

Ponsel android pada dasarnya hampir sama dengan personal computer (PC), jika digunakan dalam jangka waktu lama akan mengalami penurunan performa kecepatan. Kinerja smartphone android lemot harus segera diatasi agar kecepatannya kembali stabil dan maksimal. Cara mengatasi android lemot atau lambat bisa dilakukan dengan mudah.

cara mengatasi android lemot

Cara mengatasi android lemot (gambar: updatemyandroid.com)

Cara mengatasi android lemot adalah sebagai berikut:

1. Tidak menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan

Smarphone android memang bisa membuka dan menjalankan banyak aplikasi secara bersamaan, namun akibat dari menjalankan aplikasi secara bersamaan akan menurunkan kecepatan RAM, sehingga smartphone anda menjadi lemot. Tidak menjalankan aplikasi android dalam waktu bersamaan adalah cara mengatasi android lemot yang paling simpel namun cukup jitu.

2. Menutup alikasi yang tidak terpakai

Cara mengatasi android lemot ini paling mudah, jika anda menjalankan beberapa aplikasi sekaligus disarankan untuk menutup aplikasi yang tidak terpakai agar kecepatan RAM smartphone android tetap stabil dan bekerja maksimal.

3. Cara mengatasi android lemot: Hapus cache memori internal

Penyimpanan memori sementara pada memori internal perangkat smartphone android akan terus bertambah, akibatnya banyak memori internal yang terpakai. Cara mengatasi android lemot yaitu menghapus cache pada memori internal agar memori internal android tidak penuh dan dapat bekerja optimal.

4. Gunakanlah memori eksternal berkualitas

Smarphone android dilengkapi fasilitas penyimpanan eksternal atau sering disebut kartu memori. Cara mengatasi android lemot salahsatunya gunakan kartu memori yang berkualitas dan kompatibel dengan perangkat android yang digunakan.

5. Install aplikasi pada memori eksternal

Jika mendownload aplikasi secara otomatis akan disimpan di memori internal android, cara mengatasi android lemot yaitu install aplikasi pada memori eksternal agar pemakaian memori internal smartphone tidak penuh dan kinerjanya tetap maksimal.

6. Buang aplikasi yang tidak perlu

Cara mengatasi android lemot jika smartphone android anda sudah terlanjur lemot yaitu dengan mencoba membuang widget/ aplikasi yang tidak perlu dan jarang dipakai. Pemasangan aplikasi yang tidak perlu hanya akan menyita memori dan mengganggu performa RAM. Hapus juga pesan singkat (SMS) yang sudah tidak diperlukan pada smartphone android anda.

7. Jangan menggunakan live wallpaper

Kebanyakan pengguna android yang menggunakan live wallpaper bertujuan untuk mempercantik tampilan ponselnya. Tidak sadar penggunaan live wallpaper bisa mengakibatkan smartphone android menjadi lambat. Cara mengatasi android lemot gunakan wallpaper dengan image (gambar) sederhana agar smartphone android loadingnya cepat dan maksimal.

8. Cara mengatasi android lemot: Restart smartphone android

Jika android lemot, coba lakukan restart atau menghidupkan ulang smartphone android. Cara mengatasi android lemot seperti ini bertujuan untuk menyegarkan kembali performa android lemot agar kembali normal.

9. Jangan menyimpan file pada memori internal

Cara mengatasi android lemot terakhir versi Banjarwangi.com yaitu jangan menyimpan file gambar, musik atau video pada memori internal android. Simpan file-file tersebut pada memori eksternal agar kinerja memori internal android tetap stabil.

Demikianlah trik cara mengatasi android lemot atau lambat yang bisa saya bagikan. Silahkan dicoba, semoga bermanfaat. Silahkan simak artikel selanjutnya : cara merawat mesin fotocopy.

Komentar

comments

Tags:

One Response

Leave a Reply