Cara merawat mesin fotocopy agar tahan lama

Cara merawat mesin fotocopy agar tahan lama

cara merawat mesin fotocopy

cara merawat mesin fotocopy (gambar: 3erekalm.com)

Cara merawat mesin fotocopy – Saya pernah menjalani usaha fotocopy selama hampir 6 tahun sejak tahun 2005 sampai tahun 2011.  Teknisi saya waktu itu, Pak Suhaya seorang teknisi mesin fotocopy berpengalaman di wilayah Garut memberi tahu saya cara merawat mesin fotocopy agar mesin tetap awet dan kualitas cetaknya memuaskan. Sekarang, melalui artikel ini saya akan bagikan kepada anda bagaimana cara merawat mesin fotocopy agar usia pakainya lebih lama.

Cara merawat mesin fotocopy sebetulnya cukup mudah dan sederhana, tetapi harus dilakukan secara rutin dan berkala agar kualitas cetak dan performa mesin fotocopy tetap terjaga. Jangan membiarkan kerusakan sekecil apapun agar kerusakannya tidak tambah parah. Kalau sudah parah biasanya kita malas memperbaiki karena biaya service dan harga spare partnya mahal.

Persaingan bisnis yang ketat, mengharuskan pemilik usaha fotocopy memberikan pelayanan yang memuaskan. Pelanggan akan merasa puas apabila pelayanan ramah, cepat, rapih, hasil cetak jelas dan berkualitas. Jika anda sedang merencanakan untuk memulai usaha fotocopy, sebaiknya mengetahui terlebih dahulu cara merawat mesin fotocopy agar usaha anda lancar dan menguntungkan.

Cara merawat mesin fotocopy

1. Bersihkan regist roll

Untuk mesin tipe tertentu bersihkan regist roll dengan kain kering, apabila wire corona (baik bagian atas maupun bagian bawah) sudah kelihatan berwarna hitam sebaiknya segera diganti agar hasil cetaknya tetap terjaga.

2. Bersihkan drum

Bersihkan permukaan drum secara berkala menggunakan sampolly atau alkohol, hati-hati jangan sampai tergores atau cacat.

3. Bersihkan kaca

Bersihkan platen glas (kaca) dan miror (kaca kecil) menggunakan lap basah dengan alkohol 90%. Noda yang menempel pada kaca akan mengakibatkan hasil cetak fotocopy menjadi kotor dan bernoda. Pastikan tangan anda dalam keadaan bersih.

4. Bersihkan kuku-kuku

Bersihkan kuku-kuku (clow) secara berkala agar kertas tidak nyangkut.

5. Gunakan tinta berkualitas

Penggunaan tinta yang berkualitas sesuai type mesin akan menghasilkan kualitas cetak yang baik dan memperpanjang usia drum.

6. Bersihkan bagian luar mesin fotocopy

Lap bagian luar mesin fotocopy agar terbebas dari debu dan kotoran. Jauhkan sampah dan makanan serta benda-benda kecil seperti isi staples, paku payung atau klip agar tidak masuk/jatuh ke dalam mesin fotocopy.

Jika bermanfaat, mohon like fb page kami ya!!

7. Hindari penggunaan kertas tebal

Sebisa mungkin hindari penggunaan kertas yang tebal, terutama dari bagian samping karena bisa mengakibatkan kerusakan pada permukaan drum.

Demikianlah cara merawat mesin fotocopy agar mesin tetap awet dan kualitas cetaknya bagus ala Banjarwangi.com. Semoga usaha fotocopy sukses dan menguntungkan.

Komentar

comments

Tags:

Leave a Reply