Hobby menulis, manfaat dan cara menyalurkannya

Hobby menulis, manfaat dan cara menyalurkannya

 

Hobby menulis – Halo pembaca blog Banjarwangi.com yang budiman! Apakah anda hobby menulis? Kalau boleh menebak, sepertinya jawaban anda YA. Dan kalau tebakan saya betul, artinya kita punya hobby yang sama. Pada artikel kali ini saya akan bercerita tentang manfaat dan cara menyalurkan hobby menulis. Artikel ini saya tulis bertepatan dengan hari peluncuran Banjarwangi.com.

Orang yang hobby menulis dan pandai merangkai kata belum tentu ia pandai berbicara (misal: orasi, pidato atau diskusi). Menurut pendapat saya menulis itu lebih mudah dibandingkan dengan berbicara di depan umum, sebab menulis memiliki waktu yang leluasa untuk berfikir, merangkai kata dan menyusun kalimat supaya tulisan enak dibaca. Sedangkan berbicara di depan umum tidak bisa berfikir lama-lama, tidak ada waktu untuk memikirkan apa yang akan dikatakan. Jika salah ucap, pembicaraan tidak bisa dihapus atau dibatalkan.

hobby menulis

Saya berbeda sekali dengan penulis profesional. Bagi saya menulis hanya sekedar hobby, kualitas tulisan saya juga biasa-biasa saja, masih banyak kekurangan. Sedangkan bagi penulis profesional menulis adalah hidup mereka. Dengan menulis, mereka (penulis profesional) bisa menghidupi keluarga lebih dari cukup, mereka juga mampu mempengaruhi dan merubah cara berfikir ribuan bahkan jutaan orang. Namun kenyataannya, menulis terkadang atau sering terasa lebih sulit dari berbicara.

Banyak manfaat yang bisa dipetik dari hobby menulis, baik manfaat untuk diri sendiri maupun bagi orang lain yang membaca tulisan kita.

Manfaat hobby menulis

1. Hobby menulis bisa meningkatkan jumlah perbendaharaan kata

Jumlah penguasaan kosa kata akan meningkat kalau rajin menulis. Kesulitan menulis dengan jumlah kata yang lebih banyak atau yang lebih panjang salahsatu penyebabnya karena kurang memiliki perbendaharaan kata. Orang yang hobby menulis dan membaca akan memiliki perbendaharaan kata yang lebih kaya.

2. Hobby menulis bisa menambah wawasan dan pengetahuan

Orang yang hobby menulis biasanya juga rajin membaca untuk menghasilkan tulisan yang bagus dan berkualitas. Dengan rajin membaca, maka pengetahuan dan wawasan akan semakin bertambah.

3. Hobby menulis bisa mendatangkan uang

Bermula dari hobby kalau terus dikembangkan dan dilatih maka hobby itu bisa mendatangkan uang. Misalnya menulis buku, menulis puisi, menulis lirik lagu atau menulis artikel untuk diterbitkan di koran.

Cara menyalurkan hobby menulis

Cara menyalurkan hobby menulis yang paling gampang salahsatunya melalui blog. Jika anda hobby menulis, anda bisa membuat blog dan menulis sepuasnya di blog tersebut. Silahkan baca cara menempatkan kata kunci pada artikel blog dan ciri artikel blog yang disukai pengunjung. Kalau malas membuat blog sendiri, anda boleh menitipkan artikel dan berita untuk diposting di blog Banjarwangi.com atau Wartagarut.com, silahkan kirim artikelnya ke alamat kami.

Artikel terkait : Cara menyalurkan hobby menulis agar menghasilkan uang.

Demikian artikel sederhana tentang hobby menulis, semoga bermanfaat. Selamat menulis!

Komentar

comments

Tags:

Leave a Reply