Cara membuat artikel seo agar tampil di halaman 1 SERP google

Cara membuat artikel seo agar tampil di halaman 1 SERP google

Cara membuat artikel seo agar tampil di halaman 1 SERP google – Pada artikel sebelumnya saya pernah menulis ciri artikel berkualitas yang disukai pengunjung, artikel yang disukai pengunjung akan berdampak pada meningkatnya jumlah pengunjung blog. Kali ini saya akan berbagi pengalaman tentang cara membuat artikel seo untuk blog agar tampil di halaman 1 SERP google. Betul, posting artikel yang dibuat bukan untuk mesin pencari melainkan untuk pembaca. Tetapi bagaimana pengunjung bisa meluncur ke homepage atau artikel blog kita kalau mereka tidak menemukan cuplikan artikel di SERP (Search Engine Result Page). Sangat jarang pengunjung yang menuju ke blog kita dengan cara mengetik alamat URL blog, kecuali kalau blog kita sudah terkenal seperti viva, detik.com atau okezone.

cara membuat artikel SEO

Cara membuat artikel SEO (sumber gambar : google image)

Ada teknik khusus agar artikel bisa tampil di halaman 1 hasil pencarian. Cara membuat artikel SEO versi Banjarwangi.com ini sangat sederhana, cocok untuk pemula yang belum mengenal SEO. SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization yang artinya upaya yang dilakukan untuk memperoleh hasil terbaik di mesin pencari. Tujuannya adalah agar ketika pengunjung mengetik kata kunci di web browser, google bisa menampilkan artikel blog pada posisi terbaik. Dengan munculnya cuplikan artikel blog di halaman 1 google maka peluang mendapat banyak pengunjung akan semakin besar. Jadi cara membuat artikel SEO penting dipelajari oleh blogger pemula, membuat blog saja tanpa tahu cara membuat artikel SEO untuk blog resikonya blog sepi pengunjung.

Artikel terkait : Penyebab utama blog/website sepi pengunjung

Menjadi blogger sukses itu ternyata tidak mudah, butuh kerja keras dan kesabaran. Harus pintar mengatur taktik dan strategi serta terus mengasah kemampuan menulis. Copas bukan solusi untuk mengisi konten. Blog yang dijejali konten bajakan tidak akan mampu bersaing dan akan jadi bahan cemoohan. Pun google, akan menganggapnya sebagai spam atau sampah sehingga blog akan terbenam di urutan paling bawah. Daripada copas, mending anda buat sendiri artikelnya agar lebih keren. Cara membuat artikel SEO untuk blog dapat dijadikan referansi agar artikel anda tampil di pejwan SERP google.

Berikut ini adalah cara membuat artikel seo yang disukai google agar blog tampil di page one SERP google.

1. Artikel Orisinil dan berkualitas

Cara membuat artikel SEO yang pertama: Artikel harus berkualitas dan orisinil. Artikel hasil karya sendiri tentunya akan lebih membanggakan. Kalau ada artikel dari penulis tamu pastikan bahwa artikel tersebut belum pernah dipublikasikan di media lain. Caranya copy satu atau dua paragraf artikel kemudian paste di kotak pencarian web browser. Lihat hasilnya apakah dengan cuplikan yang muncul di SERP atau tidak, jika redaksinya sama maka artikel tersebut tidak orisinil.

Silahkan baca ciri artikel berkualitas yang disukai pengunjung.

2. Panjang tubuh artikel minimal 500 kata

Cara membuat artikel SEO untuk blog yang kedua: Usahakan panjang artikel tidak kurang dari 500 kata. Artikel yang cukup panjang lebih disukai google, mengandung keyword density lebih banyak, menunjukkan keseriusan anda membuat artikel dan dapat meminimalisir bounce rate. Artikel yang panjang akan membutuhkan waktu membaca lebih lama daripada artikel yang lebih pendek. Semakin lama pengunjung berada di blog akan menurunkan bounce rate dan menyehatkan blog.

3. Menempatkan kata kunci dengan benar

Cara membuat artikel SEO untuk blog yang ketiga: Menempatkan kata kunci pada artikel secara tepat. Kata kunci (keyword) bisa diartikan sebagai kata yang diketik oleh pengunjung pada kotak pencarian web browser untuk mencari artikel terkait. Contoh kata kunci yang saya tanam dalam artikel ini adalah cara membuat artikel seo.

4. Menggunakan EYD dan kata baku

Cara membuat artikel SEO untuk blog yang keempat: Buatlah artikel menggunakan EYD dan kata baku. Buatlah artikel SEO menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar serta hindari penggunaan kata tidak baku. Artikel dengan bahasa baku dan ejaan yang benar akan cenderung terkesan lebih serius dan berkualitas.

5. Sisipkan minimal 1 buah gambar dalam 1 artikel

Cara membuat artikel SEO untuk blog yang kelima: Sisipkan minimal 1 buah gambar pada artikel, manfaatkan title tag dan alt tag gambar untuk menyisipkan kata kunci. Title tag dan alt tag gambar berguna untuk memberitahu spider google bahwa kita sedang menerangkan sebuah artikel. Selain itu, kita juga dapat memberikan visualisasi bagi pengunjung tentang isi artikel yang sedang dibaca agar tidak jenuh dan membosankan. Title tag dan alt tag pada gambar dapat membantu perayap google mengenali gambar tersebut.

6. Beri efek cetak tebal, miring dan garis bawah

Cara membuat artikel SEO untuk blog yang keenam: Pemberian efek cetak tebal, miring dan bergaris bawah secara wajar cukup berpengaruh. Efek tersebut memberikan penekanan poin penting kepada pembaca serta cenderung mendapat perhatian lebih dari spider google untuk mengindeks artikel.

 

7. Manfaatkan title tag dan meta deskripsi

Cara membuat artikel SEO untuk blog yang ketujuh: Manfaatkan title tag dan meta deskrpsi untuk menyisipkan kata kunci artikel. Panjang judul artikel SEO yaitu minimal 40 karakter, maksimal 70 karakter. Isi meta deskripsi dengan deskripsi singkat dan menarik (tidak meleibihi 165 karakter).

Itulah 7 cara membuat artikel SEO agar blog tampil di halaman 1 SERP Google versi Banjarwangi.com. Selamat berkarya dan bereksperimen, semoga bermanfaat.

Komentar

comments

2 Comments

Leave a Reply