Peralatan dan perlengkapan mendaki gunung yang wajib dibawa

Peralatan dan perlengkapan mendaki gunung yang wajib dibawa

Peralatan dan perlengkapan mendaki gunung wajib dipersiapkan sebelum anda melakukan pendakian agar pendakian dan pelualangan di tengah rimba belantara berjalan lancar tanpa hambatan yang berarti dan membahayakan keselamatan jiwa anda. Peralatan dan perlengkapan mendaki gunung tidak bisa dianggap sepele, karena segala kemungkinan bisa saja terjadi di tengah hutan. Keadaan di tengah hutan atau di puncak gunung sangat berbeda dengan lingkungan kita sehari-hari. Menghadapi kondisi cuaca ekstrim, medan jalan terjal dan keberadaan binatang buas yang setiap saat mengancam menuntut seorang pendaki harus memiliki ketahanan fisik dan mental yang prima serta membawa peralatan dan perlengkapan mendaki gunung demi kebaikan dan keselamatannya sendiri.

Baca artikel terkait : jalur pendakian gunung Cikuray Garut

Peralatan dan perlengkapan mendaki gunung untuk pribadi

Carrier atau ransel

Carrier atau ransel berfungsi untuk mengemas selurus barang bawan. Usahakan peralatan dan perlengkapan yang dibawa semuanya bisa masuk dalam ransel. Tidak boleh ada barang yang dijinjing atau diluar ransel karena akan menggangu perjalanan.

ransel peralatan dan perlengkapan mendaki gunung

ransel peralatan dan perlengkapan mendaki gunung

Tenda

Tenda adalah peralatan dan perlengkapan mendaki gunung yang penting, fungsinya sebagai tempat tidur dan berlindung. Sebaiknya gunakan tenda dome (bukan tenda pramuka) agar lebih mudah dan praktis pemasangannya.

tenda peralatan dan perlengkapan mendaki gunung

tenda peralatan dan perlengkapan mendaki gunung

Balaklava dan topi rimba

Balaklava (kupluk) berfungsi untuk melindungi kepala dari cuaca dingin di pegunungan. Sedangkan topi rimba berguna untuk penutup kepala agar dapat menahan terik mata hari yang menyengat serta melindungi kepala dari goresan ranting-ranting pohon di tengah hutan atau bisa juga melindungi kepala dari gigitan binatang.

Mitela (slayer)

Mitela atau slayer biasa digunakan oleh pendaki gunung atau pecinta alam. Selain melindungi leher dari panas dan dingin, bagi pendaki gunung dan pecinta alam mitela berfungsi sebagai identitas komunitas mereka masing-masing. Tetapi jika anda bukan dari anggota komunitas pecinta alam atau pendaki gunung, anda tetap disarankan untuk membawa mitela yang dapat dibeli di toko-toko outdoor.

Jaket

Jaket merupakan perlengkapan pribadi yang harus dibawa ketika naik gunung. Jaket yang dipake naik gunung fungsinya bukan untuk gaya, tetapi jaket yang mampu menahan air dan udara dingin yang menusuk tulang sendi.

jaket peralatan dan perlengkapan mendaki gunung

jaket peralatan dan perlengkapan mendaki gunung

Sarung tangan

Sarung tangan bergungsi untuk melindungi tangan saat anda berpegangan atau memegang ranting di perjalanan, juga berguna untuk menahan hembusan udara dingin saat malam tiba di puncak gunung.

peralatan dan perlengkapan mendaki gunung

Sarung tangan peralatan dan perlengkapan mendaki gunung

Jas hujan

Jas hujan harus dibawa saat anda mendaki gunung, terlebih di musim hujan. Kondisi cuaca di puncak gunung yang dingin ditambah tubuh yang basah bisa mengakibatkan daya tahan tubuh anda drop. Anda dapat bayangkan bagaimana jika anda sakit di puncak gunung yang jauh ke mana-mana.

Celana dan Baju ganti

Bawalah celana dan baju ganti, jika hanya satu malam 1 stel sudah cukup. Disarankan memakai pakaian jenis PDL (bukan dari bahan jeans) dengan lengan panjang. Fungsinya anda bebas bergerak, ringan dipakai, cepat kering dan dapat melindungi tubuh (tangan) dari panas matahari. Merek tidak diutamakan, yang penting harga terjangkau dan nyaman dipakai.

Sabuk

Gunakan sabuk sesuai standar peralatan dan perlengkapan mendaki gunung, sabuk seperti ini biasanya tersedia di toko outdoor.

Kaos kaki

Pakailah kaos kaki yang tebal agar kaki tidak mudah lecet dan dapat melindungi kaki dari sengatan binatang serta dapat menahan dingin. Disarankan untuk menggunakan kaos kaki TNI agar lebih kuat dan nyaman dipakai.

Tips agar kaki tidak mudah lecet saat longmarch atau mendaki gunung :

Parut bawang merah campurkan dengan minyak kelapa, lalu oleskan di kaki anda secara merata. Bawa campuran ini ke dalam toples dan tutup rapat agar tidak tumpah.

Sepatu khusus hiking

Peralatan dan perlengkapan naik gunung berbeda dengan perlengkapan ke kantor. Gunakan sepatu treking yang khusus digunakan untuk naik gunung. Sepatu jenis ini lebih kuat dan tahan lama dibandingkan sepatu olahraga lainnya. Cari ukuran sepatu yang pas dengan kaki anda, tidak terlalu longgar atau terlalu sempit. Bisa juga menggunakan sepatu PDL yang biasa dipakai TNI agar lebih murah tetapi tetap bagus dan kuat, hanya masalahnya sepatu ini agak berat dan keras.

Silahkan baca juga : Tips memilih sepatu gunung yang baik untuk segala medan

Tips merawat sepatu PDL : Saat membeli sepatu PDL, rendam dulu selama satu malam agar kulitnya lentur. Dalam kondisi masih basah, pakailah sepatu tersebut (misal: ke gunung) hingga kering. Tujuannya agar sepatu PDL yang keras itu sesuai dengan kontur kaki anda. Menyemir sepatu PDL secara rutin akan membuat sepatu PDL lembuat dan enak dipakai, tetapi jangan menggunakan semir cair.

Sleeping bag

Sleeping bag atau kantong tidur berfungsi sebagai selimut yang dapat melindungi tubuh dari udara dingin.

Matras

Matras merupakan peralatan dan perlengkapan mendaki gunung yang penting karena selain berfungsi sebagai alas tidur, matras juga berfungsi sebagai tikar.

Kompas

Kompas sebagai peralatan mendaki gunung yang berfungsi sebagai penunjuk arah.

Pisau komando

Pisau komando atau pisau ramboo berfungsi untuk memotong dan mengerat serta dapat melindungi diri dari serangan binatang buas.

Golok tebas

Golok tebas terbuat dari baja, anti karat, ringan dan tajam. Fungsi golok tebas juga sama seperti pisau komando sebagai alat pemotong dan untuk melindungi diri dari serangan binatang buas (bukan untuk menyerang!).

Nesting

Nesting adalah perlengkapan naik gunung yang berfungsi untuk menanak nasi, menggoreng dan mendidihkan air.

Alat minum

Alat minum yang disarankan untuk mendaki gunung adalah kempis model TNI agar lebih simpel.

Kompor

Kompor gas khusus peralatan naik gunung atau memakai parapin. Lain kali saya akan berbagi tips membuat kompor portabel dari bahan kaleng bekas.

Alat makan

Alat makan yang saya maksud adalah piring dan cangkir dari bahan plasting atau alumunium, sendok dan garpu.

Alat shalat

Bagi yang beragama Islam alat shalat wajib di bawa. Shalat itu di manapun dan dalam kondisi apapun wajib dijalankan. Anda bisa melakukan tayamum sebagai pengganti wudlu.

Lampu senter dan lilin

Jangan lupa selalu bawa lampu senter saat mendaki gunung, jika kemalaman di perjalanan lampu senter akan sangat berguna. Lilin juga sama penting, berfungsi sebagai alat penerangan. Agar lilin tidak patah, masukkan ke dalam botol bekas kemasan air minum mineral.

Bahan makanan

Bahan makanan termasuk perbekalan mendaki gunung, ini tidak boleh absen dari daftar cecklist peralatan dan perlengkapan naik gunung. Bahan makanan secukupnya, mengandung gizi dan kalori yang cukup.

Alat mandi

Peralatan dan perlengkapan mendaki gunung selanjutnya adalah alat mandi berupa sikat dan pasta gigi, handuk kecil, sabun dan shampo.

Korek api tips

Korek api dan gas untuk sumber api. Agar korek api tidak kena air atau basah, masukkan korek api ke dalam botol obat atau bekas rol film lalu tutup hingga rapat.

Obat-obatan pribadi

Daftar checklist peralatan dan perlengkapan mendaki gunung yang terakhir adalah obat-obatan pribadi. Bawalah obat-obatan pribadi untuk jaga-jaga jika penyakit yang biasa anda derita tiba-tiba kambuh di hutan atau di gunung.

Teknik packing peralatan dan perlengkapan mendaki gunung

Teknik packing peralatan dan perlengkapan mendaki gunung yang baik adalah menempatkan peralatan dan perlengkapan mendaki gunung yang jarang digunakan (misal: tenda dan alat tidur) paling bawah disusul peralatan dan perlengkapan yang sering digunakan. Bahan makanan, lampu senter, obat-obatan dan jas hujan disimpan di ransel bagian atas.

Sepertinya peralatan dan perlengkapan mendaki gunung sudah cukup. Demi kenyamanan anda di perjalanan, jangan bawa barang-barang pribadi yang tidak diperlukan (di luar list di atas) seperi bantal, boneka atau perhiasan. Semoga bermanfaat. Selanjutnya Gunung Papandayan Garut sangat mempesona.

Gambar ilustrasi : consina.web.id.

Komentar

comments

3 Comments

Leave a Reply