Penyebab utama blog/website sepi pengunjung

Penyebab utama blog/website sepi pengunjung

penyebab utama blog/website sepi pengunjung

penyebab utama blog/website sepi pengunjung

Penyebab utama blog/website sepi pengunjung – Blog atau website sepi pengunjung tentunya sangat menjengkelkan, terlebih bagi blog/website yang sudah berumur panjang dan mengandung banyak konten. Pengunjung blog/website bisa datang dari informasi langsung mulut ke mulut, share di media sosial dan dari hasil penelusuran kata kunci di mesin pencari seperti google, yahoo, bing dan mesin telusur lainnya. Blog/website ibarat sebuah toko di dunia nyata, anda bisa bayangkan kalau toko anda sepi tidak ada pengunjung yang datang, siapa yang akan membeli barang dagangan anda? Banyak faktor yang menjadi penyebab utama blog/website sepi pengunjung, salahsatu penyebab utama blog/website sepi pengunjung yang akan saya uraikan nanti adalah blog masih baru sehingga kepercayaan mesin telusur dan pembaca masih kurang.

Setelah diketahui penyebab utama blog/website sepi pengunjung maka kita dapat mencari solusi yang tepat untuk mengatasi blog/website yang sepi pengunjung tersebut agar lebih ramai. Blog/website yang ramai pengunjung tentu akan memberikan semangat lebih bagi anda untuk terus mempersembahkan karya-karya terbaik atau meningkatkan omzet penjualan toko online.

Berikut ini adalah faktor penyebab utama blog/website sepi pengunjung:

1. Blog masih baru dan belum populer

Penyebab utama blog/website sepi pengunjung adalah usia blog yang masih baru sehingga belum dikenal oleh mesin telusur dan pengunjung. Sama halnya seperti kita membuat toko, konsumen belum mengenal toko dan produk yang kita tawarkan.

Tips :

Jangan mudah menyerah, teruskan mengisi konten blog yang berkualitas serta lakukan promosi baik secara langsung dari mulut ke mulut, share link di media sosial, melakukan upaya SOE onpage dan SEO off page agar blog/website dikenal oleh mesin telusur atau memasang iklan.

2. Kurang promosi

Penyebab utama blog/website sepi pengunjung berikutnya karena anda kurang melakukan promosi. Promosi blog paling mudah dan gratis yaitu dengan membagikan link artikel ke media sosial seperti google+, facebook dan twitter. Keuntungan promosi dengan cara seperti ini selain gratis, blog/website anda akan mendapatkan backlink dari situs berperingkat tinggi.

Tips :

Promosikan blog/website anda dari mulut ke mulut, share di media sosial, submit url blog atau artikel di google webmaster tool dan sosial bookmark seperi dig.com, viva log atau lintas.me, rajin blogwalking (mengunjungi blog lain dan meninggalkan komentar dengan baik) serta aktif di forum sosial (misal: bersosial.com atau forum kompas).

3. Kurang cukup backlink

Sebagaimana diketahui, backlink bisa dianggap sebagai nyawa sebuah blog/website. Backlink merupakan link yang mengarah ke homepage blog/website anda atau ke halaman artikel blog/website. Kurangnya backlink juga bisa menjadi penyebab utama blog/website sepi pengunjung.

4. Blog/website sulit diakses

Blog/website sulit diakses bisa disebabkan beberapa faktor, di antaranya:

a. Loading blog berat

Blog/website yang loadingnya berat akan ditinggalkan pengunjung. Usahakan pilih template yang ringan diakses, tidak memasang banyak widget atau plugin yang tidak penting dan tidak memasang konten multimedia.

b. URL kurang SEO frendly

Penamaan URL blog/website yang sulit atau terlalu panjang juga bisa menjadi penyebab utama blog/website sepi pengunjung. Buatlah URL yang mudah diingat dan memiliki keterkaitan dengan konten.

c. Terdapat broken link

Broken link akan sangat dianggap menjadi penyebab utama blog/website sepi pengunjung karena pengunjung yang menemukan artkel di halaman hasil pencarian tidak bisa mengakses artikel tersebut akibat linknya terputus atas error.

d. Link artikel/blog tidak terindex google

Ini jelas akan menjadi penyebab utama blog/website sepi pengunjung. Kalau artikel tidak terindex google otomatis tidak akan muncul pada halaman hasil pencarian google. Agar artikel cepat terindex google, submit url link artikel di webmaster tool setiap kali anda selesai membuat artikel.

5. Konten blog/website kurang berkualitas

Penyebab utama blog/website sepi pengunjung lainnya adalah konten blog yang berkualitas. Buatlah artikel yang disukai pengunjung, orisinil dan hindari copy paste artikel.

6. Penempatan kata kunci (keyword) kurang tepat

Menempatkan kata kunci pada artikel yang tidak tepat bisa mengakibatkan artikel blog anda kalah bersaing di SERP. Kalau artikel blog anda berada di posisi paling bawah SERP akan menjadi penyebab utama blog/website sepi pengunjung.

7. Konten blog/website kurang banyak peminat

Penyebab utama blog/website sepi pengunjung yang terakhir menurut versi Banjarwangi.com adalah artkel yang dipublikasikan di blog/website kurang atau jarang dicari pengunjung.

Demikianlah sedikit informasi tentang penyebab utama blog/website sepi pengunjung. Mudah-mudahan setelah menyimak artikel ini semua pembaca mendapat pencerahan untuk meningkatkan popularitas blog atau websitenya agar lebih ramai. Sekian, terima kasih.

Komentar

comments

8 Comments

Leave a Reply