Hari bumi, sampah berserakan di pinggir jalan raya Banjarwangi

Hari bumi, sampah berserakan di pinggir jalan raya Banjarwangi

 

hari bumi

hari bumi

Hari bumi, sampah berserakan di pinggir jalan raya Banjarwangi – Menyedihkan, peringatan hari bumi yang jatuh pada tanggal 22 April 2015 semestinya menjadi momentum bagi seluruh manusia yang tinggal di bumi untuk lebih mencintai, menjaga dan menyelamatkan bumi dari kerusakan, namun kenyataan sebaliknya terjadi di Kecamatan Banjarwangi Kabupaten Garut. Masyarakat yang belum memiliki kesadaran malah menjadikan pinggir jalan raya Banjarwangi sebagai tempat pembuangan sampah dan limbah. Terdapat dua titik lokasi yang menjadi pembuangan sampah ilegal, yaitu di kawasan pinggir sungai Cikaengan di kampung Cigerek dan pinggir jalan di sekitar tanjakan Kampung Burujul Desa Banjarwangi Kecamatan Banjarwangi Kabupaten Garut. Entah ulah siapa atau tanggung jawab siapa, namun semoga hari bumi tahun 2015 ini mampu mengingatkan kita untuk menjaga bumi yang sudah semakin tua ini.

Tumpukan sampah dan limbah di kampung Burujul sudah berlangsung lama. Bukan karena hari bumi, beberapa bulan ke belakang saya pernah mencoba membersihkan dan membakar sampah tersebut. Namun selang beberapa hari kemudian sampah sudah bertambah lagi. Saat ini secara umum, masyarakat Banjarwangi belum mengetahui adanya peringatan hari bumi. Kepedulian terhadap pelestarian alam dan lingkungan masih sangat rendah. Diperlukan adanya upaya nyata dari pihak-pihak yang berkepentingan dan pemangku kebijakan untuk bersama-sama menyadarkan kekeliruan berfikir masyarakat yang masih awam.

Saya yakin, pada peringatan hari bumi tahun 2016 yang akan datang Banjarwangi akan berubah menjadi lebih baik. Perlahan sebagian kecil oknum masyarakat Banjarwangi yang masih membuang sampah di pinggir jalan dan tempat-tempat umumpun akan menyadari kesalahannya. Karakter masyarakat Kecamatan Banjarwangi Kabupaten yang baik dan santun bisa menjadi modal utama untuk membicarakan dan menyelesaikan setiap persoalan dengan bijaksana.

Artikel singkat ini saya tulis dalam rangka mengenang hari bumi tahun 2015. Tanpa bermaksud mencari kesalahan atau mengekspos kejelekan. Sebelum mengakhiri tulisan ini, saya ingin mengingatkan bahwa “alam bukan warisan nenek moyang, melainkan titipan anak cucu yang harus kita kembalikan dengan utuh”. Selamat malam, selamat hari bumi!

gambar : screenshot google.com

Komentar

comments

Leave a Reply