Resep membuat kripik singkong renyah dan gurih

Resep membuat kripik singkong renyah dan gurih

 resep membuat kripik singkong

Resep membuat kripik singkong renyah dan gurih – Kripik singkong merupakan makanan ringan yang bisa jadikan cemilan. Sesuai dengan namanya, kripik ini terbuat dari bahan singkong. Harga bahan dasar pembuatan kripik siongkng sangat murah, di Banjarwangi harga singkong per kilo gram tidak lebih dari Rp. 1000. Singkong juga cukup mudah didapat karena hampir setiap keluarga yang tinggal di pedesaan menanam singkong baik di pekarangan rumah maupun di kebun mereka.

Singkong biasa ditanam dengan pola tumpang sari atau intensifikasi pertanian. Kripik singkong bisa dijadikan ladang usaha yang menguntungkan. Agar kripik singkong buatan anda laris dan banyak diminati, sebaiknya artikel resep membuat kripik singkong renyah dan gurih ini disimak sampai tuntas lalu coba lakukan eksperimen. Kalau resep membuat kripik singkong renyah dan gurih ini berhasil, anda bisa merintis usaha pembuatan kripik singkong untuk menambah penghasilan keluarga.

Resep membuat kripik singkong renyah

1. Pilih kualitas singkong yang baik

Memilih kualitas singkong yang baik merupakan resep membuat kripik singkong renyah yang paling awal. Agar kripik singkong renyah jangan menggunakan bahan umbi yang masih muda atau terlalu tua. Usia singkong yang baik untuk bahan kripik diperkirakan berumur 6 bulan. Bisa juga dibedakan dari bentuk, ukuran,  warna dan tekstur kulit singkong. Selain memilih umbi singkong yang sudah cukup umur, pilihlah jenis singkong yang baik. Ciri singkong yang baik untuk kripik bisa dilihat apabila dikukus maka singkong tersebut akan empuk dan lunak serta tidak pahit. Di Banjarwangi jenis singkong seperti ini dinamakan singkong apuy dan singkong peuteuy.

2. Irisan singkong tidak terlalu tebal

Setelah memilih kualitas umbi singkong, resem membuat singkong renyah selanjutnya adalah kupas kulit singkong dan bersihkan lendih yang masih licin. Membersihkan lendir yang membalut daging singkong bertujuan agar nantinya kripik singkong tidak berwarna coklat tua di sekitar pinggirnya. Kemudian cuci singkong hingga bersih sampai tidak ada tanah atau kotoran yang menempel. Setelah bersih lalu iris singkong dengan ketebalan yang cukup. Kalau irisan singkong terlalu tebal, maka kripik singkongnya akan keras dan apabila irisan terlalu tipis akan mudah hancur.

3. Rendam irisan singkong dalam air hangat, tambahkan soda kue

Resep membuat kripik singkong renyah yang ketiga ini merupakan resep rahasia membuat kripik singkong. Caranya, siapkan air hangat dan masukkan soda kue secukupnya lalu rendam irisan singkong yang sudah disiapkan tadi ke dalam air hangat tersebut selama 15 – 30 menit atau sampai air rendamannya dingin. Soda kue bisa dibeli di toko bahan makanan, harganya tidak lebih dari Rp. 2000 per bungkus. Setelah direndam dalam larutan soda kue, tiriskan irisan kripik singkong beberapa saat agar air bekas rendaman tadi berkurang.

4. Tahap penggorengan

Resep membuat kripik singkong renyah yang terakhir adalah tahap penggorengan. Masukkan irisan kripik singkong ke dalam penggorengan satu per satu agar tidak saling menempel dan hancur saat dibalik. Apinya jangan terlalu besar agar tidak mudah gosong. Gunakan minyak berkualitas agar kripik singkong tahan lama dan tidak cepat bau apek.

 

Resep membuat kripik singkong gurih

Resep membuat kripik singkong renyah saja belum cukup, kripik singkong renyah akan semakin nikmat apabila memiliki rasa yang gurih. Resep membuat kripik singkong gurih adalah dengan mencampurkan bumbu atom bulan atau bumbu penyedap rasa yang banyak dijual di toko makanan. Mintalah bumbu yang sehat dan pilihan rasa yang bervariasi seperti rasa keju, rasa ayam bakar dan lain-lain. Campur bumbu tersebut sampai merata, caranya masukkan kripik singkong ke dalam plastik besar, campurkan bumbu secukupnya lalu kocok kripik tersebut perlahan-lahan agar bumbunya merata dan kripiknya tidak hancur. Kripk yang hancur bisa dimanfaatkan dengan membuat kripik singkong balado rasa pedas.

Tambahan resep membuat kripik singkong laris

Setelah kripik singkongnya dingin, kemas kripik tersebut dalam kemasan yang menarik. Karena kemasan yang menarik akan menimbulkan kesan yang baik bagi pembeli. Resep membuat kripik singkong sudah anda kuasai, sebaiknya anda juga mengurus ijin usaha dari dinas terkait agar wirausaha anda legal dan lancar.

Demikianlah resep membuat kripik singkong renyah dan gurih ala Banjarwangi.com. Jika suatu saat anda ke Banjarwangi, jangan lupa mencicipi gehu Adun yang maknyuss. Selamat mencoba, semoga resep membuat kripik singkong ini dapat bermanfaat.

Gambar : renysetiana.wordpress.com

Komentar

comments

Tags:

One Response

Leave a Reply