Jalur pendakian gunung Cikuray Garut

Jalur pendakian gunung Cikuray Garut

Jalur pendakian gunung Cikuray Garut – Halo traveler, kali ini saya akan berbagi informasi seputar jalur pendakian ke gunung Cikuray yang berlokasi di Kabupaten Garut Provinsi Jawa Barat. Gunung Cikuray adalah gunung tertinggi di Garut, ketinggiannya mencapai 2.821 mdpl. Belakangan ini aktifitas pendakian ke gunung Cikuray sudah mulai ramai, kabar pendaki yang tersesat di gunung Cikuray tidak menyurutkan niat pendaki gunung dan pecinta alam untuk menjajal tanjakan Cikuray agar bisa menginjakkan kaki di atap tertinggi Kabupaten Garut.

jalur pendakian gunung Cikuray Garut

Gedung di puncak gunung Cikuray Garut

Terdapat 3 jalur pendakian gunung Cikuray yang bisa dilalui, yaitu jalur pendakian gunung Cikuray via Cikajang, via Bayongbong dan via Cilawu (Dayeuh Manggung). Ketiga jalur ini memiliki tingkat kesulitan dan tantangan tersendiri. Para pecandu ketinggian tentunya senang memacu adrenalin, halangan dan rintangan mereka anggap sebagai permainan.

Jalur pendakian gunung Cikuray via Cikajang

Jalur pendakian gunung Cikuray via Cikajang dari terminal Guntur Garut naik angkot warba putih biru atau elf jurusan Cikajang berhenti di alun-alun dekat pasar lama Cikajang. Di samping alun-alun terdapat Masjid Agung, anda bisa menunaikan ibadah shalat sambil beristirahat di sama. Di sekitar situ banyak tukang ojeg, anda bisa menggunakan jasa mereka untuk menuju Kampung Olan. Olan merupakan kampung terakhir berbatasan dengan perkebunan di kaki gunung Cikuray. Dari Kampung Olan butuh waktu sekitar satu jam untuk sampai di batas hutan. Jalur pendaian gunung Cikuray via Cikajang cukup jelas, anda bisa mengikuti jejak yang ditandai dengan simpul tali rapia di ranting-ranting pohon. Di jalur ini, anda akan menemukan dataran sebanyak dua kali.

Jalur pendakian gunung Cikuray via Bayongbong

Kalau anda bermaksud menggunakan jalur pendakian gunung Cikuray via Bayongbong, dari terminal Guntur naik angkot jurusan Bayongbong warna putih kuning. Jalur pendakian Cikuray via Bayongbong merupakan jalur pendakian paling berat, tetapi anda bisa sampai di puncak dengan waktu relatif lebih cepat.

Jalur pendakian gunung Cikuray via Cilawu (Dayeuh Manggung)

Jalur ketiga menuju puncak gunung Cikuray adalah jalur Cilawu. Jalur pendakian gunung Cikuray via Cilawu bisa dijangkau dari terminal Guntur menggunakan angkot jurusan Cilawu berwarna putih abu. Di jalur ini anda akan melewati perkebunan teh Dayeuh Manggung. Pos pendaftaran berada di sekitar pemancar televisi. Di jalur inilah Fahrudin dan empat mahasiswa UIN dikabarkan tersesat. Jalur pendakian Cikuray via Cilawu cukup landai, waktu tempuhnya lumayan lebih lama jika dibandingkan dengan jalur Cikajang dan jalur Bayongbong.

Demikian informasi singkat tentang jalur pendakian gunung Cikuray, tunggu informasi perjalanan Banjarwangi.com berikutnya. Selamat mencoba!

Baca juga Kantong Semar di Gunung Cupu

Komentar

comments

One Response

Leave a Reply