Pilkades Serentak di Banjarwangi Kabupaten Garut

Pilkades Serentak di Banjarwangi Kabupaten Garut

pilkades serentak di Garut

Ilustrasi (dokumentasi : suarakudus.com)

6 Desa di Kecamatan Banjarwangi Kabupaten Garut Jawa Barat siap gelar pilkades serentak pada hari Kamis, 21 Mei 2015 bersamaan dengan 210 desa lainnya di Kabupaten Garut. Pilkades serentak siap digelar setelah diterbitkannya Peraturan Daerah (Perda) No. 18 Tahun 2014 tentang pengangkatan dan pemberhentian Kepala Desa yang mengacu pada Undang-undang No. 6 Tahun 2014 tentang Desa.

6 Desa yang akan menggelar pilkades serentak di Kecamatan Banjarwangi pada Mei mendatang yaitu Desa Tanjungjaya, Desa Talagajaya, Desa Kadongdong, Desa Talagasari, Desa Dangiang dan Desa Jayabakti. Kepala Desa yang dikabarkan akan mencalonkan kembali pada pilkades serentak tersebut antara lain H. Alit Rukanda di Desa Tanjungjaya, Deni Hendra Permana di Desa Talagajaya, Adar Sudarman di Talagasari, Yayat di Dangiang dan Dirman Karyanto di Desa Jayabakti, sedangkan mantan Kepala Desa Kadongdong Aa Dani yang baru satu periode menjabat Kepala Desa Kadongdong tidak tercatat dalam bursa calon Kepala Desa Kadongdong, ia lebih memilih menjadi pengusaha onderdil dan material.

Dari data yang berhasil dihimpun Banjarwangi.com, pendaftaran bakal calon orang nomor satu di 6 desa tersebut sudah ditutup. Saat berita ini ditulis, kami belum mendapat data yang valid mengenai daftar nama bakal calon Kepala Desa yang sudah terdaftar di Panitia Pilkades masing-masing. Sementara kami baru mendapat informasi daftar nama bakal calon Kepala Desa Kadongdong, yaitu Ahmad Hayun, Dayat Hidayat dan Enjang. Ketiganya merupakan penduduk asli kampung Kadongdong Desa Kadongdong Kecamatan Banjarwangi.

Menurut berita yang dilansir wartagarut.com, Pemerintah Kabupaten Garut telah menyiapkan anggaran sebesar Rp. 4,9 milyar untuk pelaksanaan pilkades serentak pada 21 Mei 2015 mendatang. Menurut kepala BPMPD Garut, Tedy Iskandar dana tersebut digunakan untuk operasional sebesar 60 persen dan honor panitia 40 persen. Sementara untuk biaya pengamanan dianggarkan sebesar Rp. 1,5 milyar.

Menghadapi pesta demokrasi tingkat desa tersebut sejumlah persiapan sudah dilaksanakan, baik persiapan di tingkat Desa yang akan melakukan pilkades maupun persiapan di tingkat pemerintah Kabupaten. Para calon Kepala Desa dan tim sukses masing-masing sudah melakukan sosialisasi dan pengenalan visi misi kepada masyarakat hak pilih di desa masing-masing.

Seluruh masyarakat Banjarwangi dan sejalan dengan harapan pemerintah Kabupaten Garut, semua berharap masyarakat di 6 desa yang akan menggelar pilkades serentak dapat menggunakan hak pilihnya untuk menentukan nasib desanya sendiri. Perbedaan pilihan juga jangan sampai memecah belah persatuan dan kesatuan.

Komentar

comments

2 Comments

Leave a Reply