Permainan anak era tahun 90-an

Permainan anak tahun 90-an

Permainan anak tahun 90-an sekarang sudah jarang sekali ditemukan, permainan anak zaman sekarang banyak menggunakan mesin dan alat elektronik. Anak zaman sekarang lebih sering berada di depan play stasion, tablet atau komputer ketimbang bermain bersama teman sebayanya. Sosialisasi dengan lingkungan dan teman lebih berkurang, akhinya individualisme semakin kuat sedangkan tenggang rasa dan kesetiakawanan sosial semakin melemah.

Permainan anak tahun 90-an tidak sebagai permainan belaka, tetapi mampu menanamkan nilai-nilai sportifitas dan kebersamaan. Berita permainan anak tahun 90-an yang bisa dikatakan permainan anak Indonesia.

  1. Sepak bola

Meskipun Indonesia bukan negara papan atas dalam olahraga sepak bola dunia, tetapi hampir di setiap kampung anak-anak Indonesia tahun 90-an suka bermain bola. Sepulang sekolah anak laki-laki pada tahun 90-an memanfaatkan lahan kosong atau sawah kering di kampung masing-masing untuk bermain bola seperti lagunya Iwan Fals dalam “Si Budi Kecil”. Permainan ini bertahan sampai sekarang, namun sudah agak jarang, mungkin disebabkan oleh penyempitan lahan bermain dan banyak permainan bola elektronik.

  1. Petak umpet

Petak umpet merupakan permainan anak tahun 90-an yang melibatkan banyak orang. Satu orang sebagai pencari, sedangkan lainnya bersembunyi. Begitulan permainan dilakukan secara bergiliran. Permainan ini membutuhkan kelincahan dan strategi, tidak terbatas hanya untuk anak laki-laki atau perempuan, anak-anak berbaur penuh keceriaan.

  1. Main kelereng

Siapa yang tau kelereng, bola kecil terbuat dari kaca ini menjadi permainan anak Indonesia tahun 90-an. Hingga kini kelereng masih banyak beredar dan dijadikan permainan sebagian anak-anak Indonesia.

  1. Main egrang
permainan anak tahun 90-an

Ilustrasi (dokumentasi ensiklopediaindonesia.com)

Egrang adalah permainan anak tahun 90-an yang terbuat dari bambu. Egrang tidak hanya jadi permainan tradisional, tetapi seringkali dijadikan pertandingan yang menghibur pada peringatan HUT Kemerdekaan RI.

  1. Main congkak

Congkak biasanya dimainkan oleh anak perempuan di era tahun 90-an. Permainan anak tahun 90-an ini melatih kecerdasan matematika anak. Sekarang juga masih terlihat alat permainan itu dijual di pasaran, tetapi jarang yang menggunakan.

  1. Backles

Bakcles merupakan permainan anak perempuan paling terkenal di Indonesia. Permainan ini terdiri dari bola karet dan kulit kerang yang menuntut kecepatan tangan dan melatih motorik kasar. Permainan yang biasa dimainkan anak perempuan Indonesia era tahun 90-an ini belum dianggap punah karena masih ada anak-anak peremuan yang memainkannya.

Sedangkan untuk permainan anak tahun 90-an yang trend di Banjarwangi, di antaranya boy-boyan, baren, gobag, sondah, sigug, gampar, gatrik, simar, oray-orayan, perepet jengkol, loncat tinggi, dan ngadu karet. Permainan ini juga sudah hampir punah, anak di jaman sekarang banyak yang tidak mengenal permainan tersebut.

Itulah beberapa permainan anak tahun 90-an. Permainan tersebut sekarang sudah jarang dilakukan, terlebih oleh anak-anak yang tinggal di perkotaan. Bagi yang ingin menambahkan silahkan tulis di kotak komentar. Artikel ini hanya mengingatkan masa kecil kita yang manis, Salam!

Komentar

comments

Tags:

Leave a Reply