Menempatkan kata kunci yang tepat pada artikel

Cara menempatkan kata kunci yang tepat pada artikel

menempatkan kata kunci

Ilustrasi (gambar : jayclair.com)

Menempatkan kata kunci yang tepat pada sebuah artikel blog yang memenuhi standar SEO sangat penting agar artikel tersebut muncul di halaman satu hasil penelusuran (SERP) google. Jika salah penempatan akibatnya artikel bagus yang sudah anda buat akan kalah bersaing di mesin telusur oleh artikel blog lain yang memiliki peringkat tinggi. Berdasarkan temuan terakhir yang saya peroleh dari plugin Wordpres SEO by Yoast ternyata menempatkan kata kunci dalam artikel sangat mudah. Justru sebetulnya yang sulit itu adalah membuat artikel orisinil dan berkualitas.

Gunanya kata kunci yaitu ketika orang-orang menulis kata kunci di web browser untuk mencari topik terkait, maka blog anda dapat tertaut dan muncul dalam halam pertama hasil penelusuran google. Oleh karena itu menempatkan kata kunci sesuai rekomendasi SEO menjadi keharusan agar mendapat hasil yang maksimal dalam hasil penelusuran.

cara menempatkan kata kunci yang tepat pada artikel

Artikel ini muncul di pejwan SERP google dalam hitungan menit (kata kunci : menempatkan kata kunci pada artikel)

Menempatkan kata kunci dalam judul artikel

Tempatkan kata kunci pada awal judul artikel. Menempatkan kata kunci pada awal judul berguna untuk meningkatkan peringkat agar artikel anda mampu bersaing (di mesin telusur) dengan artikel blog yang memiliki pagerank tinggi.

Menempatkan kata kunci dalam URL

Tempatkan kata kunci dalam URL halaman atau posting artikel. Perhatikan contoh menempatkan kata kunci pada URL artikel ini. Jumlah huruf pada slug URL yang direkomendasikan antara 40 sampai 70 karakter.

Menempatkan kata kunci dalam subjudul artikel

Menempatkan kata kunci pada subjudul dalam tubuh artikel meskipun tidak termasuk peringkat utama, tetapi hal ini akan lebih menguntungkan.

Menempatkan kata kunci pada paragraf pertama

Selanjutnya kita harus menempatkan kata kunci di paragraf pertama, usahakan kata kunci muncul di 20 huruf awal. Ada juga yang merekomendasikan untuk menyimpan kata kunci di 100 huruf pertama. Cara ini masuk akal karena ada sumber yang menyebutkan cara kerja spider google membaca blog dari kiri ke kanan dan dari atas ke bawah.

Menempatkan kata kunci pada tag alt gambar

Kalau anda menyisipkan gambar dalam artikel, jangan lupa untuk menempatkan kata kunci pada tag alt gambar tersebut. Kata kunci pada tag alt gambar sangat penting karena berfungsi untuk membantu spider google merayapi artikel anda. Diusahakan terdapat minimal satu buah gambar pada setiap artikel.

Menempatkan kata kunci dengan kerapatan minimal 2%

Kata kunci dalam artikel harus terdapat sekurang-kurangnya 2% dari jumlah kata keseluruhan. Misal anda membuat artikel sebanyak 500 kata, maka anda harus menempatkan kata kunci dalam artikel tersebut minimal 500 x 2% = 10 kali. Tetapi tidak boleh berlebihan, maksimal 4,5% sudah cukup. Panjang artikel juga direkomendasikan minimal 300 kata, tetapi lebih panjang lebih bagus agar pengunjung bisa sedikit lebih lama berada di blog sehingga dapat menekan angka Bounce Rate.

Menempatkan kata kunci dalam deskirpsi meta tag

Selanjutnya setelah artikel dibuat dan anda sudah menempatkan kata kunci pada artikel dengan benar, tempatkan kata kunci dalam deskripsi meta tag. Disarankan untuk deskripsi penelusuran diisi dengan tepat sesuai judul yang ada agar dapat terarah menuju artikel blog anda. Buatlah deskripsi meta tag menggunakan kalimat yang menarik.

Tidak menempatkan kata kunci lebih dari satu artikel

Terakhir, sebaiknya jangan menempatkan fokus kata kunci pada lebih dari satu artikel. Buatlah fokus kata kunci yang berbeda untuk setiap artikel.

Demikianlah cara menempatkan kata kunci yang benar artikel blog anda muncul di pejwan SERP google. Kata kunci itu sendiri boleh terdiri atas satu kata atau gabungan beberapa kata (frase). Kalau artikel ini kurang lengkap dan anda punya tambahan silahkan lengkapi di kotak komentar.

Terima kasih atas kesediaan anda mengunjungi Banjarwangi.com dan menyimak cara menempatkan kata kunci pada artikel dengan tepat sesuai rekomendasi SEO. Semoga bermanfaat!

Komentar

comments

Tags:

18 Comments

Leave a Reply