Pengalaman membuat website dengan wordpress memakai domain dan hosting sendiri

Membuat website dengan wordpress

Membuat website dengan wordpress memakai domain dan hosting sendiri tentu akan menjadi kebanggaan bagi setiap blogger, terlebih bagi blogger yang tergolong masih pemula seperti saya. Awalnya saya mengira untuk membuat website itu sulit dan mahal, tetapi kalau tahu caranya ternyata membuat website bisa selesai dalam hitungan menit. Dengan bantuan autoinstaller yang tersedia di cpanel hosting kita dapat menginstall cms wordpress, saya orang awam yang tidak mengerti kode dan bahasa pemrogramanpun dapat melakukannya. Sebagai buktinya adalah banjarwangi.com, templatenya sengaja dibuat sederhana agar tidak memberatkan loading. Simak juga artikel detik-detik peluncuran Banjarwangi.com.

cara membuat website dengan wordpress.org

Template blog banjarwangi.com Garut

WordPress terbagi menjadi dua, wordpress.com dan wordpress.org. WordPress.com adalah flatform yang sangat populer untuk membuat blog gratis, tetapi blog wordpress dibatasi quota disk space dan traffic bulanan, wordpress.com juga tidak mengizinkan jadi publisher adsense (penayang iklan). WordPress.com cocok untuk penulis artikel yang tidak tertarik dengan dunia weblog, traffic atau monetisasi blog. WordPress.com juga mempunyai kelebihan cepat terindeks google dan mudah digunakan. Tetapi membuat blog di wordpress.com tidak bisa menggunakan template dari pihak ketiga.

Membuat website dengan wordpress.org syaratnya adalah harus memiliki domain dan hosting sendiri. Kita dapat menyewanya kepada provider webhosting dengan paket disk space dan bandwidth yang sesuai dengan kebutuhan serta harga yang terjangkau. Disk space adalah ruang penyimpanan database website online, sedangkan bandwidth kapasitas untuk menampung jumlah pengunjung blog. Untuk tahap awal agar lebih efektif dan efisien gunakan dulu disk space dan bandwidth yang kecil karena jumlah data website dan pengunjungnya juga masih sedikit. Nanti kalau sudah penuh atau blog sudah mulai ramai pengunjung bisa diupgrade ke paket yang lebih besar secara bertahap sesuai kebutuhan.

Saya sendiri sebelum membuat website di wordpress.org dengan menggunakan domain dan self hosted berlatih membuat website di idhostinger, provider webhosting multinasional yang menyediakan layanan hosting dan subdomain gratis. Kapasitas disk space yang ditawarkan idhostinger cukup besar, mereka memberikan hosting gratis 2 GB dan bandwidth 5 GB. Idhotinger juga memberikan beberapa subdomain gratis yaitu .16mb.com .zz.mu .hol.es .besaba.com dan lain-lain.

Setelah merasa yakin akhirnya saya putuskan untuk membuat website dengan wordpress.org menggunakan domain dan hosting sendiri. Namun saat ini saya belum bisa merekomendasikan provider webhosting tempat saya menyimpan data website ini, karena website ini baru online tanggal 17 April 2015. Jadi saya belum bisa menilai kelebihan dan kekurangan webhosting yang saya pakai.

Bagi pembaca yang mengaku masih awam dalam pembuatan website, anda tidak perlu berkecil hati. Jujur saya juga awam, tidak mengerti kode dan bahasa pemrograman. Fasilitas autoinstaller yang terdapat dalam cpanel hosting sangat membantu, saya menggunakan auto installer untuk membuat website dengan wordpress.org. Tunggu beberapa menit saja websitenya sudah jadi. Langkah selanjutnya memilih template dan memodifikasi widget agar tersusun rapi dan menarik tetapi ringan dan SEO. Penggunaan plugin yang tidak penting akan memberatkan loading website. Kalau tidak terlalu penting, hindari juga pemasangan konten video di web atau blog agar loading website tidak terlalu berat. Pengunjung akan cenderung meninggalkan blog atau web yang lola atau loadingnya lama.

Kalau masih merasa sulit belajar otodidak, anda bisa mengikuti program kursus online yang bersertifikat di Indonesia, atau datang langsung ke tempat kursus website dan SEO di kota terdekat.

Demikian pengalaman singkat saya membuat website banjarwangi.com di wordpress.org menggunakan domain dan hosting sendiri. Kalau ada yang minta saya akan buatkan artikel cara membuat website yang mudah dan praktis. Semoga bermanfaat dan menjadi inspirasi.

Komentar

comments

Tags:

2 Comments

Leave a Reply