Cara modifikasi template blogger

Cara modifikasi template blogger

Melanjutkan artikel sebelumnya tentang cara membuat blog dan cara mengganti template blogger, kali ini saya akan menulis artikel cara modifikasi template blog. Artikel ini akan membahas cara mengatur tata letak template dan mengganti nama menu template blog dan membuat link antara menu dengan posting artikel berdasarkan kategori. Saat diunduh, nama menu template masih default atau menu bawaannya. Pun linknya belum masih diisi dengan tanda # atau karakter lain.

Modifikasi template kalau bisa jangan ditunda, setelah selesai membuat blog dan mengganti template blog anda langsung modifikasi templatenya. Tidak lama dan tidak sulit, dalam hitungan menit saja modifikasi template akan selesai. Syaratnya anda harus tahu caranya modifikasi template blog, PC yang digunakan tidak lemot dan jaringannya tidak lelet. Agar lebih santai boleh sambil ngopi atau ngemil.

Oke kalau kopi dan cemilannya sudah siap, langsung saja praktek modifikasi template blog.

  1. Mengganti, menghapus dan menambah menu blog

Menu yang terdapat pada template blog bawaan boleh dihapus, diganti atau ditambah sesuai dengan kebutuhan dan keinginan anda. Caranya klik Template, lalu pilih Edit template. Cari nama menu yang akan dihapus atau diganti, agar pencarian lebih mudah tekan CTRL+F lalu ketik nama menu yang dicari. Misalnya kita akan mengganti nama MENU 1 dengan BERITA TERBARU, maka tekan CTRL+F, ketik MENU 1. Kursor akan langsung mengarah ke MENU 1, silahkan hapus nama MENU 1 lalu ganti dengan BERITA TERBARU. Hati-hati agar kode html lainnya tidak terhapus karena bisa mengakibatkan eror. Kalau MENU 1 sudah ketemu, pasti menu berikutnya ada di bawahnya, ganti satu persatu nama menu tersebut. Jika ingin menambah menu, copy (CTRL+C) satu baris <li><a href=”#”>MENU 1</a><li>, lalu paste (CTRL+V) di bawahnya. Jangan lupa kalau sudah selesai klik Simpan.

  1. Membuat link menu template dengan posting artikel

Menu template berfungsi untuk mengelompokkan artikel berdasarkan kategori tertentu, misalnya kategori berita, kategori hiburan, kategori olahraga atau kategori lainnya sesuai niche blog masing-masing. Saat mengganti menu, anda akan menemukan tulisan seperti ini <li><a href=”#”>BERITA</a><li>. Menu warna biru merupakan contoh nama menu, sedangkan tanda # berwarna merah adalah tempat menyimpan link. Sebelumnya saat anda membuat posting artikel, buatlah label tempat mengelompokkan semua artikel terkait. Misalnya buat label berita untuk posting-posting berita. Setelah dipublikasikan, klik lihat pada label berita. Copy link URLnya (contoh http://banjarwangi.com/label/berita) lalu paste pada tanda # di edit html tadi. Hasilnya seperti ini <li><a href=”http://banjarwangi.com/label/berita”>BERITA</a><li>. Kalau sudah selesai jangan lupa klik Simpan.

  1. Mengatur tata letak template blog

Mengatur tata letak template blog sangat gampang, caranya klik Tata Letak. Untuk memindahkan posisi gadget/widget adalah dengan cara drag drop. Klik gadget/widget yang akan dipindahkan, tombol mouse tahan jangan dilepaskan lalu geser ke tempat yang baru, lepaskan tombol mouse. Kalau sudah berhasil memindahkan satu gadget/widget, pasti bisa mengatur tata letak template blog. Setelah pengaturan tata letak selesai, klik Simpan. Untuk melihat hasilnya klik Lihat blog.

Itulah tadi cara modifikasi template blog. Ternyata cara mengganti menu blog dan mengatur tata letak template itu sangat mudah, tapi jangan mentang-mentang gampang lalu dirubah tiap hari. Banyak perubahan pada template dan gadget/widget tidak baik terhadap SEO blog. Agar tidak banyak perubahan, sebaiknya buat konsep blog sebelum pembuatan blog dimulai.

Artikel tentang modifikasi template blog sudah selesai, selamat mencoba semoga bermanfaat!.

Komentar

comments

Tags:

4 Comments

Leave a Reply