Cara mengganti template blogger

Cara mengganti template blogger saya buat untuk pemula yang baru selesai membuat blog di blogger tetapi belum tahu caranya mengganti template blogger yang bagus dan gratis agar tampilan blog lebih kelihatan profesional dan menarik. Template blog yang bagus akan lebih menarik perhatian pengunjung blog, sehingga blog kita bisa lebih ramai dan banyak dikunjungi. Tetapi jangan asal menarik, harus mempertimbangkan kecepatan loading dan kwalitas SEO agar template blog disukai mesin pencari seperti google atau yahoo. Lain kali saya akan buat artikel tips memilih template.

Mengganti template blogger bagi pemula seperti saya cukup dengan mendownload template blogger gratis yang banyak tersebar di internet. Lain cerita bagi blogger yang menguasai bahasa pemrograman, mereka bisa membuat template sekehendak hati mereka. Kita bisa mengganti template dengan template bagus dan menarik dari para blogger baik hati yang membagikan template bloggernya secara gratis.

Setelah blog selesai dibuat, sebaiknya anda langsung mengganti template blogger saat itu juga agar ketika google mengindex blog kita, struktur blognya sudah rapi dan tidak banyak perubahan. Usahakan template blog permanen, gonta ganti template tidak baik untuk SEO. Akibatnya pengunjung blog akan menurun setelah ganti template dan butuh waktu untuk mengembalikan ke posisi semula. Itulah alasannya mengapa harus mengganti template blog yang cocok saat membuat blog.

Sebelum mengganti template blog, saya akan jelaskan sedikit mengenai template responsive dan non responsive. Template responsive adalah template yang menyesuaikan diri dengan perangkat yang digunakan untuk membuka blog. Tampilannya akan berbeda-beda mengikuti lebar layar perangkat. Template jenis ini cocok untuk menggaet pengunjung blog yang menggunakan perangkat android. Kalau anda menggunakan PC, cara mengecek template responsive yaitu bisa dengan menambahkan ?=1 setelah URL, misalnya http://banjarwangi.com?=1 atau bisa juga dengan mengklik tombol restore down (antara minimize dan tombol exit/close di pojok kanan atas layar monitor). Kalau template blognya berubah mengikuti lebar layar maka template tersebut responsive.

Kedua adalah template blog non responsive. Template jenis ini statis, dibuka dengan perangkat apapun tampilannya tidak berubah. Template ini kurang cocok untuk pengguna andoid. Pengguna android harus memperbesar ukuran tampilan layar (zoom in), template jenis ini kurang mobile frendly atau kurang bersahabat dengan pengguna android. Mengganti template blogger dengan template responsive atau non responsive? Jawabannya ada pada kebutuhan dan keputusan anda.

Berikut ini langkah-langkah mengganti template blogger:

1.  Unduh template blogger

Cari template blogger gratis di internet dengan mengetik kata kunci template blogger gratis atau agar lebih mudah anda bisa mencoba template responsive yang bagus, ringan dan mudah diedit.

2.  Mengganti Template Blogger

3.  Log in ke blogger.com, ketik email dan password untuk masuk ke dashbor blog anda. Kalau sudah log in, langsung ke poin 2.

4.  Klik Template, lalu pilih Unduh/Cadangkan seperti gambar di bawah.

cara mengganti template 15.  Klik chose file

cara mengganti template 2

6.  Cari folder tempat menyimpan template hasil download. Jika foldernya masih berbentuk zip maka unzip atau extract terlebih dahulu, lalu klik file ekstensi .html kemudian klik open.

cara mengganti template 37.  Klik unduh tunggu sampai proses selesai dan template blog anda akan berubah.

cara mengganti template 48.  Non aktifkan tampilan seluler, perhatikan gambar berikut.

9.  Klik lihat blog.

Jika bermanfaat, mohon like fb page kami ya!!

cara mengganti template 5

Itulah cara mengganti template blogger, sangat mudah dan cepat. Kalau mengikuti petunjuk di atas pasti anda berhasil mengganti template blogger dalam sekali coba. Tetapi jika setelah dicoba ternyata gagal, silahkan tulis keluhan anda pada kotak komentar di bawah ini. Kalau sudah berhasil mengganti template blogger, silahkan lanjutkan ke modifikasi template blog. Salam blogger!

Komentar

comments

Tags:

Leave a Reply